Kapal Antarpulau di Sultra Dihimbau Waspada Gelombang Tinggi

Kepala Seksi Kesyahbandaran Kantor UPP Kelas I Baubau, Muh Irfan Jayadinata (ant)

 

DINAMIKASULTRA.COM,,BAUBAU– Pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Baubau, Sulawesi Tenggara, mengimbau armada kapal khususnya tujuan antarpulau di Sultra mewaspadai kondisi cuaca angin dan gelombang cukup tinggi di wilayah perairan tujuan kapal.

Kepala Seksi Kesyahbandaran Kantor UPP Kelas I Baubau, Muh Irfan Jayadinata, di Baubau, Senin, mengatakan, pihaknya mendapat informasi terkini dari BMKG bahwa mulai hari ini (13/7) hingga beberapa hari ke depan kondisi gelombang laut diperkirakan mencapai 2-4 meter.

“Sekarang lagi ‘warning’. Kemarin sempat satu kapal tujuan Talaga (Buton Tengah) kita turunkan penumpangnya karena ada sedikit kelainan dimesin dengan melihat kondisi cuaca,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG pada 12-15 Juli 2020 pukul 20.00 Wita ketinggian gelombang diperkirakan 2,5 sampai 4.0 berpeluang terjadi perairan Banggai bagian selatan, teluk Tolo bagian barat dan timur, perairan Manui Kendari bagian barat dan timur, perairan laut Banda timur Sultra bagian barat, timur, utara dan selatan, perairan Baubau bagian utara dan selatan, perairan utara Wakatobi bagian barat dan timur, serta perairan selatan Wakatobi bagian barat dan timur.

“Selain kita tetap koordinasi dengan BMKG, juga pantau langsung di BMKG maritim internet, yang kemudian kami informasikan ke semua Nakhoda terkait informasi terkini cuaca,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga tetap berkoordinasi dengan pelabuhan tujuan guna mewaspadai dan memastikan kondisi keselamatan dalam pelayaran kapal layar motor.

“Kita tetap terus koordinasi peringatan dini dengan juga mengecek atau turun langsung kelapangan pada saat ada kapal yang mau berangkat. Kalau memang kondisi tidak memungkinkan kapal ditunda keberangkatannya,” tandas Irfan.(ds/ant)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar