Pemkot Baubau Minta Masyarakat Bantu Sosialisasikan Sadar Wisata

Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

 

DINAMIKASULTRA.COM,BAUBAU-Wakil Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse berharap masyarakat sadar wisata (masata) membantu pemerintah daerah menyosialisasikan pentingnya sadar wisata terhadap masyarakat.

Menurut Wakil Wali Kota Baubau, dalam rilis yang diterima, di Baubau, Sultra, Minggu, terwujudnya sapta pesona wisata tergantung dari kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tempat wisata di lingkungannya.

Para wisatawan, tambahnya, akan merasa nyaman dan tenang ketika destinasi yang dikunjungi terjamin keamanan serta kenyamanannya.

Selain itu, nilai estetika destinasi sebagai daya tarik dari para wisatawan juga perlu dijaga dan dipelihara.

“Saya percaya, sapta pesona yang didengungkan oleh para wisatawan akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Misalnya tertib, aman dan membawa kenangan, semuanya itu bisa terwujud kalau masyarakatnya sendiri sadar akan pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam pengembangan pariwisata di sekitarnya,” ujarnya.

Orang nomor dua di Kota Baubau ini menambahkan, dengan terbentuknya DPC Masata Kota Baubau masyarakat dapat teredukasi untuk terus mendukung dalam pengembangan wisata di daerah itu.

Sebab, lanjut dia, Pemkot Baubau tidak akan mampu untuk menjalankan semua destinasi yang ada tanpa adanya keterlibatan serta kesadaran masyarakat dalam pengembangan tempat-tempat wisata untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Untuk destinasi-destinasi yang sifatnya lokal, kita harapkan adanya kesadaran masyarakat setempat agar bisa mengembangkannya dan pemerintah tinggal mendukung. Kita berharap masyarakat setempat menjadi pemain utama dalam mengembangkan destinasi yang ada di lingkungannya. Dengan begitu, pertumbuhan perekonomian masyarakat juga akan meningkat,” ujarnya.

Monianse optimistis dengan adanya semangat sadar wisata, masyarakat sekitar destinasi dapat menjaga keamanan dan kenyamanan tempat wisata karena masyarakat sadar wisata akan memiliki keyakinan dalam peningkatan dan pengembangan wisata ditentukan oleh adanya keamanan dan kenyamanan pada lokasi wisata.

“Tingkat kenyamanan dan upaya untuk bisa memberikan kenangan yang berkelanjutan, itu hanya akan terjadi apabila didukung oleh masyarakat yang sadar. Adanya kesadaran bahwa wisata itu tidak hanya semata-mata untuk tempat rekreasi tetapi di tempat wisata juga itu ada perputaran ekonomi yang dapat menunjang kehidupan masyarakat sekitar destinasi itu,” pungkasnya. (ds)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar