Bupati Kolaka Utara Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana Dari BKKBN

Dengarkan Versi Suara
Bupati Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Rahman Umar, dan ketua TP PKK Kolaka Utara, Andi Nurhayani Nurrahman, berhasil mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2020 dari kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Hasto Wardoyo. Penyerahan penghargaan MKK tersebut dilakukan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. Asmar, M.Si, di Aula Kantor Bupati Kolaka Utara, Selasa. (ant)

 

DINAMIKASULTRA.COM,LASUSUA-Bupati Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Rahman Umar, dan ketua TP PKK Kolaka Utara, Andi Nurhayani Nurrahman, berhasil mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2020 dari kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Hasto Wardoyo.

Penyerahan penghargaan MKK tersebut dilakukan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. Asmar, M.Si, di Aula Kantor Bupati Kolaka Utara, Selasa.

“Pemberian penghargaan MKK ini atas prestasi, dedikasi, dan komitmen bapak Nur Rahman Umar selaku kepala daerah yang memiliki kepedulian besar terhadap pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau dikenal dengan Program Bangga Kencana, di Kabupaten Kolaka Utara,” kata Asmar.

Ia menjelaskan, anugerah Manggala Karya Kencana tersebut merupakan penghargaan tertinggi di BKKBN yang diberikan kepada kepada daerah atas prestasi, dedikasi, dukungan, dan komitmennya terkait program-program pengembangan keluarga bencana di wilayahnya.

“Kami mengamati selama ini setiap kegiatan atau program dari kami selalu dicapai dengan baik berkat dukungan Bupati Kolaka Utara,” ungkap Asmar.

Asmar mengaku, keberhasilan program KB atau Bangga kencana di Kolaka Utara tidak bisa terwujud jika tidak ada peran dan dukungan besar dari pemerintah setempat serta semua pihak terkait.

Sementara itu, Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bersama dengan Tim Penggerak PKK serta seluruh masyarakat telah berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan program tersebut.

“Animo warga untuk ber KB meningkat terutama yang pemakaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, kemudian kita berhasil menurunkan angka Unmeet Need atau peserta KB yang tidak mendapatkan pelayanan di Kolaka Utara sesuai dengan target,” katanya.

Meskipun capaian beberapa sisi tentang Bangga Kencana sudah sesuai target, tetapi bupati masih mengakui kalau penguatan Kampung KB yang sampai saat ini belum memberikan hasil yang optimal, hususnya keterlibatan lintas sektor dalam melaksanakan intervensi pada lokus Kampung KB.

“Bahkan pembangunan rumah data, baru dapat terealisasi dua rumah data dari tiga rencana awal dan mudah-mudahan pada tahun yang akan datang semuanya dapat terealisasi,” katanya.

Untuk diketahui bahwa, untuk tahun 2020 terdapat tiga tokoh yang mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana di Sultra. Selain Bupati Kolaka Utara dan ketua TP PKK Kolaka Utara, juga terdapat ketua TP PKK Wakatobi. (ds/ant)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar