Basarnas Kendari Imbau Penyedia Jasa Angkutan Laut Waspada Cuaca

Ilustrasi – Tim gabungan Rescue Pos SAR Wakatobi saat mengevakuasi lima penumpang kapal mati mesin akibat dihantam ombak dan sempat tenggelam di Perairan Malaoge Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Minggu (5/7/2020). (Humas Basarnas Kendari)

 

DINAMIKASULTRA.COM,KENDARI-Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengimbau pengusaha penyedia jasa angkutan laut meningkatkan kewaspadaan disaat cuaca ekstrim.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Minggu mengharapkan pemilik kapal memperhatikan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Kemaritiman.

“Kami mengimbau nelayan dan penyedia jasa transportasi laut meningkatkan kewaspadaan. Kapal angkutan barang dan penumpang harus waspada,” kata Aris.

Kecelakaan laut yang terjadi beberapa waktu lalu yang mengakibatkan nelayan menjadi korban patut menjadi pelajaran penting ditengah cuaca tidak bersahabat.

“Kami menghimbau nelayan apabila cuaca buruk kalau bisa supaya menahan diri tidak melaut. Apalagi anomali cuaca saat ini sulit diprediksi,” katanya.

Jika terpaksa harus bepergian harus lebih waspada dan tertib dengan memperhatikan peralatan keselamatan diri seperti pengampung.

Selain itu, ia juga mengimbau para maniak pemancing agar menahan diri menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

“Nelayan saja yang sudah menggeluti pekerjaan melaut sudah menjadi korban apalagi yang hanya sekedar hobi,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan kerja sama semua pihak, baik penyedia jasa kapal angkutan barang dan penumpang maupun pengusaha kapal penangkap ikan.

Baca Juga !
Tinggalkan komentar