Cegah Penyebaran Covid-19, Dosen FH UHO Sosialisasi Pendidikan Hukum Penguatan Nilai Budaya

Dengarkan Versi Suara

 

DINAMIKASULTRA.COM,KENDARI-Di situasi meningkatnya kasus penyebaran Covid 19, Dosen FH UHO tidak henti-hentinya melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat . Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan mengadakan diskusi tatap muka dengan masyarakat di Kelurahan Toronipa Kecamatan Soropia Kab. Konawe khususnya masyarakat  sekitar Lokasi Pantai Toronipa. Tim Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat Internal UHO yang terdiri dari Dr. Oheo K. Haris., SH., LLM., M.Sc, Dr. Handrawan, SH., MH dan Ahmad Firman Tarta, SH., MH, mengangkat Tema: “Pendidikan Hukum Pencegahan Penyebaran Covid 19 Di Lokasi Wisata Pantai Toronipa Melalui Penguatan Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid-19 Di Lokasi Pantai Toronipa”, yang telah dilaksanakan pada 20 September 2021 lalu.

Salah Satu Tim Pelakana Dr. Handrawan, SH., MH, mengatakan bahwa munculnya gagasan untuk melakukan pengabdian ini adalah dengan melihat kepadatan pengujung di tempat wisata semakin hari semakin ramai. Meskipun telah memasuki era adaptasi kebiasaan baru (new normal), masih banyak wisatawan yang tidak mematuhi kebijakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker, khususnya selama berada di lokasi wisata. Sementara, penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia secara siginifikan terus mengalami peningkatan.kondisi ini juga menjadi kekhawatiran masyarakat kelurahan Toronipa. Melihat banyaknya kerumunan pengunjung di lokasi wisata pantai Toronipa yang tidak memperhatikan kebijakan protokol kesehatan, dikhawatirkan akan berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di lokasi wisata dan pada akhirnya akan menyebar di lingkungan masyarakat sekitar lokasi wisata pantai toronipa.

Dr. Handarawan, SH., MH melanjutkan bahwaKapatuhan atas kebijakan protokol kesehatan dilakukan hanya pada saat pengunjung hendak memasuki pintu masuk wisata pantai Toronipa. Setelah berada di dalam lokasi pantai pengunjung sudah tidak lagi mengindahkan dan mematuhi kebijakan protokol kesehatan sebagaimana yang diberlakukan oleh pengelola wisata pantai Toronipa.Lebih lanjut Dr. Handrawan, SH.,MH mengatakan bahwa masalah ini menjadi sangat urgent karena jika tidak segera dicegah maka akan menimbulkan peningkatan dan akan menjadi klaster baru penyebaran pademi covid-19.

Maka dari itu, perlu melakukan sosialisasi, penguatan dan  pendidikan hukum yang berbasis nilai-nilai budaya lokal serta melakukan pengawasan secara ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di lokasi wisata pantai toronipa Pendidikan hukum melalui penguatan nilai-nilai budaya lokal dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19 disektor parwisata yang dimaksud adalah pemberian pemahaman dan pengetahuan masyarakat di lokasi wisata pantai Toronipa sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan kebijakan protokol kesehatan berbasis nilai-nilai budaya lokal di situasi pandemi covid-19 di sektor pariwisata. Langkah ini dipilih sebagai solusi mengadapi banyaknya pengunjung dan masyarakat ketika berada di lokasi wisata pantai Toronipa tidak mengindahkan kebijakan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan memakasi masker. Dengan demikian melalui pendidikan hukum melalui penguatan nilai-nilai budaya lokal ini dapat dilakukan dalam bentuk narasi-narasi budaya lokal yang berisi pesan-pesan bahaya dan perlunya penanggulangan penyebaran covid-19 di lokasi wisata pantai Toronipa.

 

 

Sebagai anggota tim pelaksana, Ahmad Firman Tarta, SH., MH, menambahkan bahwa melalui penguatan narasi simbol dan gambar yang mengandung nasihat nilai-nillai luhur budata lokal akan mampu mempengaruhi presepsi masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol sebelum, saat, sesudah berada di lokasi wisata. berangkat dari hal tersebut dalam rangka upaya penanggulangan penyebaran covid-19 di lokasi pariwisata yang berbasis komunitas, integratif dan relasi maka perlu dilakukan langkah preventif dalam rangka menjamin keselamatan pengunjung, pelaku usaha dan masyarakat sekitar di lokasi wisata pantai toronipa misalnya melalui pembentukan komunitas masyarakat peduli wisata/desa tangguh bencana dan Penyuluhan pendidikan hukum yang terkait dengan regulasi pencegahan penyebaran Covid 19.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Toronipa, Kec. Soropia Kab. Konawe, mendapat apresiasi dari masyarakat khususnya masyaraka di lokasi wisata pantai toronipa. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan rezim pengaturan penangulangan Covid 19 serta strategi yang dapat dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 di lokasi wisata pantai toronipa yaitu melalui penguatan nilai-nilai budaya lokal.

Samsul Abdullah warga sekitar pantai toronipa mengatakan dirinya sangat berterimah kasih kepada dosen FH UHO. Paling tidak dengan adanya kegiatan  tersebut  membuka pemikiran mereka bagimana cara mencegah penyebaran covid 19 di lokasi wisata pantai toronipa melalui penguatan nilai-nilai budaya lokal, serta apa yang perlu dilakukan dan disiapkan  dalam menyambut kedatangan wisatawan kedepan.

Hal yang sama dikemukakan oleh Nur Hani, menurutnya kegiatan tersebut membuka pikiran mereka yang sebelumnya belum terpikikan. “Dengan adanya kegiatan ini memotivasi kami untuk tergerak membentuk komunitas peduli wisata khususnya wisata pantai Toronipa.. Kalau sudah ada komunitas akan memudahkan dalam mengontrol dan mengawasi pelaksanaan kegiatan pencegahan penyebaran Covid 19 di lokasi wisata pantai Toronipa, serta melalui komunitas yang dibentuk itu bisa menjadi wadah komunikasi dalam pengembangan wisata pantai toronipa kedepan”, tutup Nur Hani.(ds/adv)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar