Asik!, BSU Sudah Cair Lagi, Cek Cara Daftarnya

Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi – Dana BSU Cair. (Foto: Istimewa)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Pemerintah dalam beberapa pekan ke depan memastikan masih akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melalui beberapa media, mengatakan bantuan subsidi upah (BSU) tahap kedua sejumlah Rp600 ribu akan cair pada minggu ini.

Menurut Ida, pihaknya telah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar 2.406.915 untuk subsidi gaji atau BSU tahap kedua. Pernyataan tersebut diungkapkan dalam konferensi pers bersama antara Menaker, Presiden Joko Widodo, dan Mensos Tri Rismaharini di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/09/2022).

“Kami padankan dengan data penerima program yang lain dan kami padankan juga apakah mereka PNS atau TNI-Polri. Setelah selesai verifikasi, validasi, maka tahap kedua akan kami salurkan,” ujar Ida.

Menaker mengatakan proses tersebut dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh pekerja atau buruh.

Bagi masyarakat tidak bisa mendaftar secara individual langsung ke cabang BPJS Ketenagakerjaan maupun Kemenaker, untuk bisa ikut program BSU, ungkapnya.

Lebih lanjut Ida menyampaikan, pekerja atau buruh yang berhak menerima BSU ini harus memenuhi ketentuan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022.

Apakah anda masuk dalam kategori calon penerima
Bantuan Subsidi Upah (BSU) ?
Verifikasi sesuai dengan Kriteria Permenaker RI Nomor 10 Tahun 2022

a. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.

b. Peserta Aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 30 Juli 2022 kategori Pekerja Penerima Upah (PU).

c. Menerima Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu Rupiah) per bulan atau upah dibawah upah minimum. Dalam hal wilayah tidak menetapkan upah minimum kabupaten/kota maka persyaratan Gaji/Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf c menjadi paling banyak sebesar upah minimum provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

d. Pekerja bukan penerima program kartu prakerja, keluarga harapan, bantuan produktif usaha mikro

e. Bukan merupakan pegawai negeri sipil atau TNI/Polri

Untuk mengecek apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak, bisa langsung mengecek situs cekbansos.kemensos.go.id. Jika tidak terdaftar, maka Anda bisa melakukan pendaftaran untuk mendapatkan bansos BLT BBM.

Sementara itu, bagi Anda pekerja yang merasa berhak mendapatkan bantuan tersebut, bisa langsung mengecek situs bsu.kemnaker.go.id. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat penerima BSU.

Berikut Cara Cek Bansos BLT BBM, Buka browser dan masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/

Masukkan data wilayah penerima yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa

Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf

Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol Cari Data dan klik.

Jika nama Anda muncul, maka sudah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS dan berhak mendapatkan BLT BBM Rp 600 ribu.

Berikut Cara Cek Penerima BSU Tahap 2

Kunjungi situs kemnaker.go.id
Apabila belum memiliki akun, maka terlebih dulu melakukan pendaftaran dengan memilih “Daftar Akun” di pojok kanan atas halaman Web.

Lengkapi data untuk pendaftaran akun, kemudian aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone yang tertera.

Setelah itu login ke dalam akun Kemnaker. Lengkapi profil seperti foto profil, status pernikahan, dan tipe lokasi, Lalu pilih cek pemberitahuan. Jika terdaftar, maka selanjutnya akan muncul notifikasi mengenai status penerima BSU (DS/Nov)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar