BSG Perluas Literasi dan Inkluasi Keuangan di Kalangan Pelajar Manado

Dengarkan Versi Suara
Dirut BSG Revino Pepah, di Manado, Selasa (20/9/2022). (ds/ANTARA/Nancy L Tigauw. )

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MANADO – Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) berupaya memperluas literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar di Kota Manado melalui penawaran pembukaam rekening Simpel (Simpanan Pelajar) yanng merupakan program khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tersebar di seluruh provinsi di tanah air.

Dirut BSG Revino Pepah, di Manado, Selasa, mengatakan rekening tabungan simpanan pelajar (Simpel) yang telah dibuka oleh pelajar di BSG mencapai 30.665 akun hingga semester I tahun 2022.

“Tabungan Simpel BSG yang sudah dibuka sebanyak 30.665 rekening dengan total nilai sebesar Rp11,09 Miliar,” kata Dirut BSG Revina Pepah.

Dia mengatakan tabungan Simpel ini merupakan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

“Kami akan terus meningkatkan rekening tabungan simpel di Sulut dan Gorontalo, karena ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan masyarakat terutama pelajar,” katanya.

Ia menjelaskan sejak dini anak-anak ini harus diberikan pemahaman akan pentingnya menabung untuk masa depan.

Dia mengatakan menabung merupakan salah satu instrumen investasi untuk masa depan baik untuk perencanaan pendidikan maupun usaha lainnya.

Hal ini juga sebagai edukasi untuk anak-anak pelajar khususnya di pelosok desa agar giat menabung sejak dini.

Namun, katanya, jangan memaksakan orang tua untuk menabung tetapi sisihkan uang jajan untuk menabung, karena keuntungan Tabungan Simpel ini adalah bebas biaya administrasi bulanan, setoran awal buka rekening Rp5.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp1.000.

Pihaknya juga tidak tinggal diam, tapi langsung datang ke sekolah-sekolah untuk mengajak anak-anak menabung.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar