APDESI Mamuju Diminta Bangun Politik Harmonis Desa

Dengarkan Versi Suara
Bupati Mamuju Sutinah Suhardi pada acara Musyawarah Cabang APDESI di Mamuju, Rabu (21/9/2022). (ds/ANTARA/M Faisal Hanapi )

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MAMUJU – Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diminta membangun situasi sosial politik yang harmonis di desa.

“Selain menjadi mitra pemerintah di Mamuju mensukseskan pembangunan, APDESI di Mamuju juga diminta membangun sosial politik harmonis di desa,” kata Bupati Kabupaten Mamuju Sutinah Suhardi di Mamuju, Rabu (21/9).

Ia mengatakan, pemerintah di Mamuju butuh dukungan dari seluruh pihak untuk mensukseskan program pembangunan di Mamuju.

Menurut dia, APDESI di Mamuju merupakan lembaga starategis yang diharapkan turut menjadi mitra dengan membangun sinergi demi kemajuan pembangunan yang di desa di Mamuju.

Menurut dia, APDESI sebagai organisasi tingkat nasional diharapkan dapat mampu mewadahi kepentingan para kepala desa serta menjadi penghubung kemitraan yang saling terintegrasi antara pemerintah desa dengan pemerintah di Mamuju.

Selain itu APDESI juga dapat membantu membangun situasi politik yang harmonis di desa dengan mendorong masyarakat desa agar bijak dalam menyikapi persoalan politik sebagai sebuah proses demokrasi.

“Ketika terjadi pemilihan kepala desa di Mamuju, maka diharapkan semua pihak yang ada di desa patuh pada proses hukum dan demokrasi, siapapun terpilih harus diterima untuk membawa kemajuan pembangunan di desa,” katanya.

Ia mengatakan, setiap kepala desa yang menang pada pemilihan di tingkat desa harus merangkul yang kalah demi pembangunan yang lebih baik karena persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kunci suksesnya pembangunan.

“APDESI diminta dapat membuat masyarakat desa dapat memiliki satu visi pembangunan yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung visi pembangunan yang dijalankan pemerintah di Mamuju,” katanya.

Ia menyampaikan, Mamuju mengandalkan pembangunan ekonomi dari desa karena mayoritas penduduknya adalah petani dan nelayan sehingga visi pembangunan pemerintah desa dan pemerintah di Mamuju harus satu, sehingga ekonomi daerah dapat ditingkatkan.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar