Danrem 032/Wbr: Babinsa Kembangkan P3MP Guna Topang Ketahanan Pangan

Dengarkan Versi Suara
Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto saat mengunjungi lahan tempat P3MP Babinsa di Kodim 0309 Solok, Rabu (21/9/2022). (ds/ANTARA/Laila Syafarud)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, SOLOK – Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto mengharapkan agar Babinsa di wilayah Kodim 0309/Solok terus mengembangkan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) bertujuan untuk menopang ketahanan pangan.

“Saya datang ke Solok untuk mengecek perintah saya dalam rangka melaksanakan kegiatan P3MP di daerah setempat,” ujar dia di Solok, Rabu saat melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kodim 0309/Solok.

Menurut dia kegiatan P3MP tersebut bertujuan sebagai bentuk menunjukkan bahwa setiap Babinsa harus mempunyai suatu kegiatan produktif di tengah-tengah masyarakat.

Ia juga berharap agar ke depannya setiap Babinsa memiliki kegiatan produktif di tengah masyarakat sesuai dengan potensi yang bisa dimanfaatkan di daerah pengabdian masing-masing.

“Dengan adanya kegiatan P3MP ini dapat menunjukkan bahwa Babinsa di daerah setempat tidak hanya sekadar berbicara saja, tetapi juga memberikan aksi yang bermanfaat di tengah masyarakat,” kata dia.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Serda Toni Zaliardi yang memanfaatkan lahan tidur dengan ditanami kacang tanah bersama salah seorang warga setempat bernama Alan Sari di Jorong Galanggang Tangah, Nagari Salayo.

Selain memberikan modal dan membantu dalam pengelolaan lahan, Serda Toni juga memberikan arahan dan ide-ide produktif dalam mengelola lahan untuk ketahanan pangan. Sementara Alan Sari menyediakan lahan yang sebelumnya sempat terlantar.

“Mungkin tampak sederhana. Namun kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh tentu akan berdampak sangat besar. Bahkan dengan adanya kegiatan seperti ini akan membantu masyarakat dalam ketahanan pangan,” kata dia.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi prajurit lainnya dan bisa dikembangkan di tengah masyarakat ke depannya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan banyak hal yang bisa dikembangkan dalam menjalankan P3MP diantaranya mengembangkan budidaya ikan, beternak ayam, dan masih banyak program produktif lainnya sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

Salah seorang warga pemilik lahan Alan Sari (45) mengaku sangat terbantu dalam memudahkan untuk mengelola lahannya setelah adanya P3MP.

“Biasanya lahan saya tidak terkelola dengan baik, bahkan sebelumnya sempat terlantar. Namun setelah adanya program ini, sangat membantu sekali,” kata dia.

Ia berharap kegiatan ini terus berlanjut ke depannya. Sehingga banyak warga yang ikut terbantu melalui program tersebut dan banyak lahan warga yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman produktif.

Di samping itu, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan juga mendampingi kunjungan kerja Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal TNI Purmanto di wilayah Kodim 0309/Solok.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu, dimulai dengan panen kacang di Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan berlanjut mengunjungi Kampung Pancasila.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar