Fatma: Perempuan Desa Takkalala Lutra Ikut Pelatihan Buat Keripik Ikan

Dengarkan Versi Suara
Suasana pelatihan pembuatan keripik ikan bandeng kepada perempuan di Desa Takkalala, Lutra. Sulsel.(ds/ANTARA/HO-Pemkab Lutra)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MAKASSAR – Sebanyak 40 perempuan yang ada di Desa Takkalala Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan dilatih pembuatan keripik ikan bandeng untuk membantu perekonomian keluarga.

Kabid PUG Dinas P3AP2KB Luwu Utara Fatma Sayang dalam keterangan yang diterima di Makassar, Kamis, mengatakan pelatihan ini merupakan kegiatan untuk mendukung penguatan pemberdayaan ekonomi bagi kelompok perempuan di desa.

Selain sebagai upaya pelibatan perempuan dalam pembangunan desa, juga sebagai upaya variasi olahan produk perikanan yang sehat, bergizi dan berkualitas.

“Yang utama sebenarnya adalah bagaimana olahan produk perikanan ini aman dikonsumsi. Dalam artian bahwa daging ikan tetap sehat dan memiliki kandungan gizi yang baik, meskipun telah melewati sebuah proses pengolahan,” kata Fatma.

Ia berharap, melalui pelatihan yang biayanya bersumber dari dana desa ini pula, para perempuan DesaTakkalala memiliki keahlian dalam mengolah produk perikanan yang aman dan sehat, sehingga hasil dari pelatihan ini akan membuat para perempuan semakin meningkatkan kreativitasnya.

“Tidak kalah pentingnya adalah menumbuhkembangkan usaha kreatif kelompok perempuan dan menstimulasi kelompok perempuan untuk memulai usaha baru. Saya kira ini langkah awal bagi mereka untuk mengembangkan kreativitasnya dalam berusaha,” jelasnya.

Bupati Lutra Indah Putri Indriani, mengatakan pihaknya telah mengambil bagian dalam pemberian bantuan ultra mikro, sebagai upaya pemulihan ekonomi. Bahkan bekerjasama dengan Permodalan Nasional Madani (PNM).

“Manfaatkan ini dengan baik karena PNM tidak hanya memberi modal bantuan pinjaman saja tetapi juga kita di dampingi dengan tujuan apakah ini berdampak baik pada perekonomian keluarga,”ujarnya.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar