Pj Bupati Mubar Tinjau Lokasi Pabrik Tepung Tapioka

Dengarkan Versi Suara
Pj Bupati Mubar, DR. BAHRI, S.STP., M.SI, saat meninjau langsung lokasi lahan yang akan dibangunkan Pabrik Tepung Tapioka. Rabu (21/9/2022). (Foto: Abubakar).

 

DINAMIKA SULTRA. COM, MUNA BARAT – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) DR. BAHRI, S.STP., M.SI meninjau langsung lokasi lahan yang akan dibangunkan Pabrik Tepung Tapioka. Rabu (21/9/2022).

Direktur Perencanaan anggaran keuangan Daerah DR. BAHRI, S.STP., M.SI, yang juga selaku Pj Bupati Mubar memastikan Wilayah Desa Kampani Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara untuk penempatan Pabrik Tepung Tapioka melalui perusahaan PT Mubar Agro Sejahtera (MAS).

“Sebelumnya juga pihak dari Investor tepung tapioka telah meninjau langsung lokasi ini, dari hasil peninjauan Investor kalau lahan ini layak untuk dijadikan lahan Pabrik Tepung Tapioka dengan Nama PT Mubar Agro Sejahtera (MAS),” ungkap Bahri.

“Dari pihak Investor tepung tapioka lahan yang dibutuhkan yaitu 1.250 Hektar untuk dijadikan sebagai kebun ubi kayu yang akan diproses menjadi tepung tapioca,” katanya

“Sedangkan Lahan samping kantor pertanian Muna Barat, nantinya sementara untuk Demplot. Dengan adanya program investor tepung tapioka ini bisa membantu perkembangan perputaran ekonomi masyarakat Muna Barat, bagi yang berkemauan menanam ubi kayu yang akan dijadikan tepung tapioka,” lanjutnya.

Selain itu Pj Bupati Mubar, akan segera membuka akses jalan yang menghubungkan ke lokasi Pabrik Tepung Tapioka, dengan luas jalan 8 meter, agar masyarakat dan Investor dapat leluasa bekerja dengan baik.

Muna Barat terdiri dari 3 wilayah besar, diantaranya Kecamatan Lawa, Kecamatan Tiworo, Kecamatan dan Kecamatan Kusambi (LAWOROKU). Olehnya itu akan dibagi dengan rata 15 Hektar per desa, dari tiga wilayah besar di Muna Barat yang siap lahan juga bersedia menanam ubi kayu.

Sementara itu, La Aji, Selaku Kepala Desa Kampani Kecamatan Wadaga, mengatakan dari pihak Investor, memerlukan lahan untuk dibangunkan pabrik tepung tapioka seluas 4 Hektar.

“Saya selaku Kepala Desa Kampani, bersama masyarakat sepakat menyiapkan lahan 5 Hektar untuk pembangunan Pabrik Tepung Tapioka,” kata La Aji

Menurut saya dengan hadirnya Investor tepung tapioka di Muna Barat, sangat membantu lapangan pekerjaan terkhusus para petani. Sementara di Muna Barat ini banyak lahan tidur, maka dari itu daripada lahan masyarakat yang tidak digarab selama ini, bisa digunakan untuk lahan kebun Ubi kayu. Masyarakat Desa Kampani telah siap menanti kehadiran pihak Investor, untuk membangun Pabrik tepung tapioka di lahan masyarakat yang sudah ditinjau dari pihak Investor yang ada di Desa Kampani. Lagian lahan masyarakat tidak dimiliki oleh pihak perusahaan PT Mubar Agro Sejahtera (MAS).” Tutupnya.(ds/abr)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar