TKA di Konawe Doyan Buah Segar, Pedagang Sumringah

Dengarkan Versi Suara
Pedagang Buah di depan pabrik PT. OSS. (Foto: Novri).

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KONAWE – Buah buahan dan sayuran menjadi pilihan favorit bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di Pabrik Pemurnian Nikel pada PT Obsidian Stainless Steel (OSS) di Desa Porara, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini membawa angin segar bagi masyarakat setempat untuk menjadi pedagang buah segar dan sayuran di depan pabrik.

Jenis buah-buahan, seperti Apel dan Jeruk, diserbu oleh TKA asal Tiongkok. Bahkan, para pedagang yang ada bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dalam sehari.

Seperti kata Syarif, salah seorang pedagang yang tiap hari mulai menggelar lapaknya sejak pukul 16:00 hingga19:00 WITA, mengaku bisa mendapatkan omset mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 jutaan perharinya.

Syarif menyampaikan, banyaknya keuntungan yang didapatkan saat menjual tergantung dari ramainya para TKA yang keluar belanja.

“Kalau sepi, paling sedikit itu 500 ribu rupiah, dan kalau ramai bisa sampai 2 jutaan. Pernah juga sepi sekali saat Covid-19, karena TKA yang ada, dilarang keluar,” katanya. Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut Ia mengungkapkan kalau setiap TKA yang berbelanja bisa membeli dua hingga lima kilo gram buah buahan ataupun sayuran.

“Untuk buah apel, perkilonya 40 ribu hingga 50 ribu rupiah dan setiap TKA bisa beli dua sampai lima kilo. Pekerja Cina juga paling suka sayur segar seperti Sawi dan Lobak,” katanya.

Beberapa dari pedagang yang ada sangat bersyukur bisa dapat tempat jualan disini, selain bisa dapat pembeli yang lumayan, bisa sedikit-sedikit belajar bahasa Cina karena para Pekerja Cina itu sangat interaktif, pungkasnya. (ds/nov)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar