BPJS Tingkatkan Pemahaman Perangkat Desa Terkait Manfaat JKN-KIS

Dengarkan Versi Suara

 

BPJS Kesehatan sosialisasikan JKN-KIS kepada perangkat desa di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. (ds/ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, PALANGKA RAYA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palangka Raya terus berupaya meningkatkan pemahaman perangkat desa di Kabupaten Puang Pisau, Kalimantan Tengah terkait manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Terkait dengan jaminan kesehatan bagi kepala dan perangkat desa ini sebenarnya sudah banyak regulasi yang mengatur. Kepala dan perangkat desa harus memiliki jaminan kesehatan dengan menjadi peserta program JKN,” kata Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Asep Komarudin di Palangka Raya, Jumat.

 

Upaya tersebut dilakukan melalui sosialisasi sekaligus untuk memastikan seluruh kepala dan perangkat desa di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala, Pulang Pisau memiliki jaminan kesehatan.

Dia mengatakan saat ini masih ada sejumlah kepala dan perangkat desa yang belum terlindungi oleh program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

“Seharusnya tidak ada lagi kendala untuk memberikan jaminan kesehatan kepada para kepala dan perangkat desa, karena ada regulasi dari pemerintah yang sudah mengakomodasi kepesertaan kepala dan perangkat desa dalam program JKN,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, pemerintah sudah menyediakan regulasi yang mengatur tata cara dalam kepesertaan JKN-KIS.

“Misalnya, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dan Permendagri Nomor 119 Tahun 2019 tentang Pemotongan, Penyetoran dan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa,” katanya.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Sebangau Kuala Subirman menyambut baik serta mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dalam rangka memberikan informasi kepesertaan program JKN kepada kepala dan perangkat desa.

Pihaknya mendukung program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, yang salah satunya adalah menyampaikan informasi kepada kepala desa dan perangkat desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini Kecamatan Sebangau Kuala dapat mengikuti program JKN dengan lancar dan penuh berkah,” kata Subirman. (ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar