YJI Tingkatkan Kinerja Kesehatan Tekan Angka Penyakit Jantung

Dengarkan Versi Suara
Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Provinsi Sulawesi Utara dr Kartika Devi Kandouw Tanos, MARS resmi melantik dr Merry Sualang – Mawardi, Sp.A sebagai Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Manado masa bakti 2022-2027, di Manado, Kamis (22/9/2022). (ds/ANTARA/Nancy L Tigauw. (1) )

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MANADO- Yayasan Jantung Indonesia (YJI) meningkatkan kinerja kesehatan dan menekan angka penyakit jantung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami memperluas pengurus YJI di kabupaten dan kota untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama yang baik,” kata Ketua YJI Sulut dr Devi Kandouw Tanos usai melantik pengurus YJI Kota Manado, di Manado, Kamis (22/9).

Devi mengatakan pihaknya berharap pelantikan pengurus YJI Kota Manado dapat menggerakkan peningkatan kinerja kesehatan untuk menekan angka penyakit jantung di kota ini sesuai dengan visi dan misi YJI pusat.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw mengatakan, saat ini jumlah penduduk di Sulawesi Utara sebanyak 2,6 juta orang, dengan diabetes melitus urutan 3 besar se-Indonesia, hipertensi juga urutan 3 besar se-Indonesia termasuk penyakit jantung.

“Pesan Gubernur Olly Dondokambey, supaya rumah sakit (RS) pemerintah daerah secepatnya dijalankan untuk menanggulangi penyakit tersebut,” katanya.

Hal ini, kata dia, sudah dipikirkan oleh pemerintah, sehingga seluruh pemangku kepentingan kesehatan harus sama-sama menanggulangi.

“YJI diharapkan membantu pemerintah melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat untuk gaya hidup yang lebih sehat,” katanya.​​​​​​​

Ketua YJI Kota Manado dr Merry Sualang-Mawardi yang baru dilantik menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang boleh diberikan kepadanya serta pengurus lainnya.

“Terima kasih untuk ketua umum YJI Pusat dan ketua cabang utama Sulut yang sudah mempercayakan kepengurusan YJI Kota Manado untuk periode 2022-2027 kepada kami. Semoga ke depannya YJI cabang Kota Manado bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Manado,” ujarnya.

Dia juga mengajak seluruh pengurus YJI kota Manado yang baru dilantik untuk bekerja sama dan bergandeng tangan untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati, ini yang perlu kita ingat. Salam jantung sehat buat kita semua,” kata dr Merry, yang juga Sekretaris TP-PKK Kota Manado.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar