BMKG: Waspadai Hujan-Angin Kencang di Sejumlah Wilayah NTB

Dengarkan Versi Suara
Peta cuaca di wilayah NTB (ds/ANTARA/Istimewa)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, LOMBOK TENGAH – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Barat dalam tiga hari ke depan.

“Potensi hujan sedang hingga lebat terjadi 24-26 September 2022,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zaenudin Abdul Majid, Lombok, Anggi Dewita dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, Sabtu.

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu masyarakat diharapkan tetap mewaspadai dampak bencana alam yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan genangan air.

Potensi hujan pada Sabtu ini terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima.

 

Pada 25 September, potensi hujan sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dan Dompu.

“Kecepatan maksimum angin meningkat hingga 36 knot per jam di hari ini,” katanya.

Sedangkan, pada 26 September, cuaca di wilayah NTB pada umumnya cerah berawan hingga hujan sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Sumbawa, Bima dan Kabupaten Dompu.

“Potensi hujan diprediksi terjadi siang hingga sore hari,” katanya.

BMKG menyatakan memasuki akhir periode musim kemarau 2022 dan masa peralihan musim kemarau ke musim hujan, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi hujan dan cuaca ekstrem yang bisa terjadi secara tiba-tiba dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar