Gubernur Kalsel Laporkan Kesiapan Gelar MTQ Nasional ke-29 2022 Pada Menag RI

Dengarkan Versi Suara
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat berbincang dengan Meneg RI Yaqut Cholil Qoumas untuk menyampaikan kesiapan penyelenggaraan MTQ nasional ke-29 pada 10–19 Oktober 2022. Pertemuan di kantor Kemenag RI di Jakarta, Jumat (23/9/2022). (ds/Antara/HO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor telah melaporkan kesiapan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-29 Tahun 2022 kepada Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

“Pak Gubernur datang langsung menemui Menag RI melaporkan kesiapan penyelenggaraan MTQ nasional,” ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Kalsel H Berkatullah di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, Gubernur Kalsel datang ke Kantor Kemenag RI pada Jumat (23/9) didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Tambrin, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan Kepala Biro Kesra Kalsel Ahmad Solhan.

Menurut dia, Gubernur melakukan audensi dengan Menag RI dan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan Kemenag RI untuk Kalsel sebagai tuan rumah MTQ Nasional yang dijadwalkan digelar pada 10–19 Oktober 2022.

Gubernur pun berharap Presiden Jokowi dapat berhadir langsung membuka MTQ pada 12 Oktober 2022 di Kiram Park di Kabupaten Banjar, Kalsel.

Termasuk juga kehadiran para duta besar negara sahabat untuk melihat dari dekat MTQ Nasional.

“MTQ Nasional Ke-29 di Kalsel adalah sejarah bagi kami. Kami pun rindu yang luar biasa untuk pelaksanaan MTQ di Banua Kalimantan Selatan, setelah sebelumnya pernah menyelenggarakan tahun 1970. Semoga Bapak Presiden bisa datang dan membuka langsung,” kata Gubernur.

Disebutkan, Gubernur yang lebih akrab Paman Birin tersebut, sebagai tuan rumah MTQ, Kalsel terus menyiapkan segala sesuatunya secara detail. Mulai dari prasarana jalan, penerangan hingga venue-venue acara MTQ.

Disebutkan Gubernur, Kalsel telah menyiapkan tempat pembukaan VIP untuk 3.400 tamu dan kafilah se-Indonesia.

Untuk tamu-tamu VIP itu di lokasi acara, posisi kursi tempat duduk nanti akan ada keterangan nama untuk memudahkan.

Bahkan, agar acara berjalan dengan lancar, pihaknya juga telah menyiapkan panggung lomba dan di sekitarnya akan ada stan-stan untuk UMKM produk lokal.

Sementara untuk memudahkan masyarakat menonton langsung dan tidak terganggu akan penuhnya animo yang menyaksikan MTQ, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa titik videotron di sekitar 300-400 meter dari panggung utama yang bisa menyaksikan aneka lomba MTQ.

Selain itu, kegiatan MTQ ini juga disiarkan langsung streaming melalui YouTube.

“Insya Allah dengan berbagai kesiapan kami ini, Kalsel siap menyambut tamu-tamu dari penjuru Nusantara bahkan luar negeri. Kami siap menyambut tamu dengan sebaik-sebaiknya. Sebagai ajaran Rasulullah, kita diwajibkan untuk memuliakan tamu,” kata Gubernur Kalsel.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar