Pemkot Jakpus Sasar 3.903 Bayi Terima Vaksin PCV

Bidan memberikan vaksin PCV (pneumococcal conjugate vaccine) kepada bayi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022). (ds/ANTARA/Yogi Rachman/aa)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyasar sebanyak 3.903 bayi guna mendapatkan vaksin pneumococcal conjugate vaccine (PCV) secara gratis melalui program Kementerian Kesehatan RI.

“Vaksin PCV untuk bayi ditargetkan mencapai 3.903 bayi di wilayah Jakarta Pusat,” tutur Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Rismasari, saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

 

Rismasari meminta seluruh warga Jakarta Pusat untuk segera membawa ke puskesmas-puskesmas terdekat serta posyandu terhadap bayi yang belum melakukan vaksin PCV.

“Vaksin ini sudah disosialisasikan ke warga untuk membawa bayinya ke puskesmas kecamatan, puskesmas kelurahan, posyandu serta fasilitas kesehatan terdekat,” ujarnya.

Rismasari melanjutkan seluruh tenaga kesehatan terutama bidang imunisasi sudah melakukan sosialisasi dan diterjunkan ke fasilitas kesehatan.

“Seluruh nakes diterjunkan terutama pada bidang imunisasi,” tutur Rismasari.

Manfaat dari vaksin ini merupakan cara tepat untuk mencegah penyakit pneumonia karena imunisasi PCV dapat melindungi sang buah hati dari bakteri Streptococcus pneumoniae.

Vaksin PCV diberikan untuk bayi berusia dua, tiga dan 12 bulan untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru.

 

Vaksin PCV saat ini masih dibatasi untuk usia kelahiran pada (13/6) ke atas.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memberikan vaksin PCV secara gratis pada Senin (12/9).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan sebanyak 56.417 bayi menerima vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dalam program pemberian vaksin pneumonia gratis tahun ini.

“Sasaran kita ini ada 56.417 bayi yang diberikan vaksinasi. Tentu kita berbicara target, bukan bicara masalah angka atau persen tapi dipastikan seluruh balita mendapatkan vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, Senin (12/9).

Dalam mengejar target capaian vaksin PVC, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berkolaborasi dengan beberapa pihak swasta.

Dengan demikian, diharapkan vaksin bisa terdistribusi dengan cepat ke 56.417 bayi yang ada di wilayah DKI Jakarta.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar