Pj Bupati Mubar Membuka Seleksi Porprov Cabang Olahraga Pencak Silat

Dengarkan Versi Suara
Pj Bupati Muna Barat (Mubar), DR. BAHRI, S.STP., M.SI, saat membuka seleksi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Mubar tahun 2022, yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang digelar di Aula Kantor Bupati Mubar, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (23/9/2022). (Foto: Abubakar).

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MUNA BARAT – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), DR. BAHRI, S.STP., M.SI, resmi membuka seleksi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Mubar tahun 2022, yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang digelar di Aula Kantor Bupati Mubar, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (23/9/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus IPSI Mubar, juga Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Andi Ady Aksar.

“Muna Barat berjiwa olahraga pencak silat adalah hal yang luar biasa, sebab Muna Barat didukung dan dilatarbelakangi oleh jejak sejarah kesenian budaya,” ucap Bahri.

Muna Barat terdapat lima perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI, dimana semua pencat silat putra-putri mubar akan mengikuti seleksi porprov ke-9, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau, pada 26 November hingga 3 Desember 2022.

Muna Barat memiliki beberapa macam pencak silat, diantaranya suku Bajo secara kesenian dan budaya juga memiliki kesenian yang dinamakan manca, dimana setiap ada penyambutan tamu selalu ditampilkan dan ini dilakukan sejak dahulu kala oleh para leluhur Muna Barat yang mesti dilestarikan di wilayah Muna Barat.

“Wewenang Pemerintah Daerah adalah melaksanakan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Selain Pencak Silat, olahraga dayung mesti ditingkatkan untuk membuktikan kalau Muna Barat berpotensi dari segala penjuru tingkat Olahraga yang digemari, apalagi Muna Barat dikenal sebagai salah satu tempat wisata dari mancanegara yakni Selat Tiworo,” ungkap Dr. Bahri, yang juga Direktur Perencanaan Anggaran Keuangan Daerah.

 

Suasana saat pembukaan seleksi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Mubar tahun 2022, yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang digelar di Aula Kantor Bupati Mubar, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (23/9/2022). (Foto: Abubakar).

 

Sebab itu Pemerintahan mengalokasikan pendanaannya dari APBD untuk dua cabang olahraga yaitu, cabang olahraga pencak silat dan juga dayung.

Pj Bupati Mubar memberi motivasi dan semangat kepada para putra-putri Mubara yang akan mengikuti kegiatan pencak silat yang digelar di Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau. Ia juga telah menyiapkan penghargaan dan juga hadiah bagi para peraih prestasi yang mengharumkan nama baik Kabupaten Muna Barat.(ds/abr)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar