Empat Rumah Warga Mubar Dilalap Sijago Merah

Dengarkan Versi Suara

 

Salah satu rumah korban. (Foto: Abubakar).

 

DINAMIKA SULTRA. COM, MUNA BARAT – Empat Rumah milik warga Desa bakeramba, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) ludes akibat sijago merah, Kamis (29/9/ 2022).

Kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 00:30 dini hari yang diperkirankan bersumber dari dapur salah satu rumah korban.

Jufri selaku Kepala Desa Bakeramba, mengatakan kejadian nahas tersebut bersumber dari api yang diduga muncul dari dapur milik La Sinta (60), hingga merambat kerumah lainnya yang berada disamping rumah korban lainnya. Sehingga dalam waktu singkat empat rumah milik warga ludes dilalap si jago merah.
Pada saat kebakaran itu, pemilik rumah sementara tidur. Saat sadar kobaran api telah membesar hingga kebagian atap rumah. Tanpa pikir panjang semua pemilik rumah berlarian keluar tanpa membawa barang apapun.

“Alhamdulillah tadi malam itu tidak ada korban jiwa, tapi semua perabot rumah dan barang-barang yang ada dalam rumah tidak ada yang di selamatkan,”ucap Jufri.

Iya juga mengatakan bahwa empat rumah kebakaran itu merupakan satu keluarga besar yang yang terdiri orang tua dan tiga milik rumah milik anaknya.

“Jadi ada empat rumah yang terbakar. Satu semi permanen, bengkel, dan dua rumah panggung. Semua pemilik rumah itu satu keluarga yang terdiri dari orang tuanya dan rumah milik anak-anaknya,” lanjutnya

Sementara itu, Wawan selaku korban pemilik rumah mengatakan saat mengetahui kejadian kebakaran itu, dirinya semapat megambil tindakan untuk memadamkan kobaran api. Namun kobaran api yang begitu besar dan keterbatasan tenaga hingga api tersebut tidak mampu di hentikan.

“Sempat saya siram air menggunakan ember tadi malam itu,” katanya.

Ia juga mengaku dalam peristiwa tersebut sempat meyelamatkan beberapa harta benda miliknya. Seperti mobil dan beberapa barang dagangannya yang ada dibengkel miliknya.

“Saya hanya sempat selamatkan mobil dan beberapa benda isi dibengkel saya,” ungkapnya.

Diketahui akibat dari peristiwa naah tersebut rumah milik La Sinta, Wawan, Marbia, Dan La Amihangus terbakar yang diperkirakan kerugian mencapai 600 juta rupiah. Diataranya yang tunai sebanyak 100 juta, barang dagangan beruapa sembako dan peralatan bengkel.(ds/abr)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar