Sanggar Wakante Resmi Dibentuk, Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya

Dengarkan Versi Suara
Pj Bupati Mubar, Bahri saat meresmikan Sanggar Seni Wakante, Minggu (6/11/2022). (Foto: Laode Abubakar).

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MUNA BARAT – Sanggar Seni Wakante yang merupakan wadah penggali budaya- budaya lokal yang ada di Kabupaten Muna Barat, resmi dibentuk dan diresmikan oleh Penjabat Bupati Muna Barat. Minggu (6/11/2022).

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri, dalam sambutannya mengatakan berdirinya sanggar seni ini dapat menghidupkan atau menggali budaya-budaya lokal yang ada di Muna Barat, karena budaya lokal sangat perlu dilestarikan agar tak hilang ditengah kemajuan teknologi pada zaman sekarang.

“Melestarikan dan menghargai budaya dan adat lokal adalah indikator tumbuh berkembangnya bangsa dan daerah,” ungkapnya.

Bahri mengatakan, budaya dan kesenian masyarakat lokal itu perlu ditumbuh kembangkan serta dilestarikan oleh para generasi muda. Dengan terbentuknya Wakante, generasi muda Muna Barat mampu menjadikan sanggar seni ini sebagai ajang kebudayaan di lingkungan sekitar guna memperkaya kesenian daerah dengan melalui inovasi seni dan tari lokal serta tari kreasi.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri itu berharap melalui sanggar seni ini dapat menjadi wadah yang bermanfaat untuk para generasi muda, dimana para remaja sebagai penerus dapat menyalurkan bakat dengan memperkenalkan budaya dan adat lokal Muna Barat.

“Tidak terpengaruh budaya asing, tidak melakukan hal negatif yang dapat merusak generasi muda kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Bahri berpesan agar dalam mengelola sebuah sanggar budaya senantiasa berada dalam satu visi bersama pengurus. Olehnya, perlunya jiwa korsa, kerja keras pengelolaannya serta transparan sehingga sanggar seni Wakante dapat berdiri lebih lama.

Sementara itu, Ketua Pengurus sanggar seni Wakante, Siti Karimando mengatakan, Wakante didirikan bertujuan agar dapat melestarikan budaya lokal sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendidik generasi muda.

 

Pengukuhan Sanggar Budaya Wakante dan Anniversary Napitupulu Dance, Minggu (6/11/2022). (Foto: Laode Abubakar).

 

“Mendidik generasi muda tentang pentingnya budaya, melatih meningkatkan dan memelihara budaya di Kabupaten Muna Barat,” ungkapnya.

Karimando berharap dengan berdirinya sanggar budaya ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dan tentu pembinaan dari pemerintah serta dinas terkait agar dapat memberi petunjuk dan motivasi dalam mengembangkan budaya lokal.(ds/abr)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar