Diskop-UKM Aceh Sosialisasi Input Data Lewat Aplikasi Database

Dengarkan Versi Suara
Dinas Koperasi dan UKM Aceh memberikan sosialisasi input data di aplikasi database UMKM bagi 48 admin dan operator dari 23 kabupaten kota di Aceh.(28/11/2022). (ds/ANTARA/Nurul Hasanah)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, BANDA ACEH – Dinas Koperasi dan UKM Aceh menyatakan terus menyosialisasikan proses input data di aplikasi database UMKM bagi 48 admin dan operator dari 23 kabupaten kota di Aceh untuk mendata seluruh pelaku usaha.

“Aplikasi database UMKM tersebut mulai diluncurkan awal tahun 2022 dan terdapat beberapa kendala di kabupaten/kota sehingga pihaknya memberikan sosialisasi terkait cara input yang baik, sempurna, dan cepat,” kata Subkoordinator Usaha Kecil, Saiful Bahri di Banda Aceh, Senin (29/11).

Ia menjelaskan proses input database dilakukan secara mendetail dan dapat diklasifikasikan seperti jumlah UMKM kuliner, fashion, jumlah tenaga kerja, dan wanita yang bergerak di UMKM.

Saat ini, masing-masing kabupaten/kota memiliki operator database UMKM dan menginput minimal 50 data ke dalam aplikasi tersebut.

Sementara itu, capaian terhadap data yang di input ke dalam database UMKM telah mencapai lebih kurang sebesar 75 persen. Data UMKM tersebut sangat berguna untuk menjadi dasar dalam suatu pengambilan kebijakan dan pengembangan sektor tersebut.

“Jika ada permintaan data dari pemangku kepentingan kita bisa memberikan data dengan cepat. Selain itu, masyarakat dan pihak terkait lainnya bisa melihat langsung jumlah UMKM melalui aplikasi,” katanya.

Saiful menambahkan melalui data yang lengkap maka pengembangan terhadap pelaku UMKM dapat dilakukan secara maksimal sesuai dengan klasifikasi dari masing-masing usaha.

Pihaknya berharap semoga aplikasi database UMKM ini dapat menjadi jawaban atas permintaan data UMKM.(ds/antara)

 

Baca Juga !
Tinggalkan komentar