Taklukkan Serbia 3-2, Swiss Melaju 16 Besar Piala Dunia 2022

Dengarkan Versi Suara
Gelandang Swiss Remo Freuler (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Ricardo Rodriguez setelah mencetak gol ketiga untuk timnya dalam pertandingan Grup G lawan Serbia di Stadium 974, Doha pada 3 Desember 2022. (ds/ANTARA/AFP/JAVIER SORIANO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Swiss melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan Serbia dengan skor 3-2 dalam matchday ke-3 Grup G Piala Dunia 2022 di Stadium 974, Doha pada Sabtu dini hari WIB.

Tiga gol Swiss masing-masing dicetak oleh Xherdan Shaqiri, Breel Embolo dan Remo Freuler. Sementara itu gol Serbia dicetak oleh Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic.

Berdasarkan laman resmi FIFA, kemenangan ini membuat Swiss finis di peringkat dua dengan torehan enam poin, mereka memiliki poin sama dengan Brazil yang finis sebagai juara grup tetapi unggul selisih gol.

Sementara itu, Serbia duduk di dasar grup setelah hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan dan dipastikan tersingkir dari Piala Dunia bersama Kamerun.

Swiss langsung bermain menyerang dan menciptakan dua peluang beruntun saat pertandingan baru berlangsung satu menit.

 

Upaya Breel Embolo berhasil dimentahkan Vanja Milinkovic-Savic dengan baik, bola muntah kemudian disambar Granit Xhaka yang juga digagalkan oleh Milinkovic-Savic.

Serbia hampir mencetak gol pembuka pada menit ke-11, andai saja sepakan Andrija Zivkovic dari sisi kiri tidak menghantam tiang gawang.

Swiss bisa memecah kebuntuan pada menit ke-20. Bola sapuan bek Serbia jatuh ke Djibril Sow di kotak penalti. Sow lalu memberikan bola ke Shaqiri yang langsung melepas sepakan keras hingga menjebol gawang Savic. Skor menjadi 1-0.

Keunggulan Swiss hanya bertahan enam menit setelah Serbia menyamakan kedudukan. Bola umpan silang terukur Dusan Tadic dari sisi kiri ditanduk Aleksandar Mitrovic menuju pojok gawang Gregor Kobel. Skor berubah menjadi 1-1

Serbia berbalik unggul pada menit ke-35. Tadic menusuk dari lini tengah sebelum melepas umpan terobosan yang dijangkau Dusan Vlahovic sebelum melepas tembakan mendatar hingga masuk ke gawang Gregor Kobel.

 

Pada menit ke-44, Swiss bisa menyeimbangkan skor. Umpan mendatar Silvan Widmer bisa disambar Embolo yang sudah berdiri di depang gawang untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. Kedudukan menjadi 2-2.

Swiss kembali memimpin saat babak kedua baru berjalan tiga menit. Umpan tumit yang dilakukan Ruben Vargas bisa dituntaskan oleh Remo Feuler menjadi gol pada menit ke-48. Kedudukan menjadi 3-2 untuk Swiss.

Gol itu terpaksa membuat Serbia tampil menekan. Tadic membuang peluang pada menit ke-60 saat dirinya gagal memanfaatkan umpan silang Filip Kostic menjadi gol.

Si Elang kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Swiss juga sesekali membalas dengan memanfaatkan celah di lini belakang Serbia yang fokus menyerang.

Christian Fassnacht punya peluang di menit akhir, tetapi tembakannya masih bisa dibendung Milinkovic-Savic.

Tidak gol tambahan sampai pertandingan selesai, Swiss berhasil mempertahankan keunggulan 3-2 atas Serbia.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar