Basarnas Tingkatkan Kompetensi SAR Beri Pertolongan di Semua Tempat

Foto bersama peserta pelatihan peningkatan kemampuan personel Basarnas Kendari dalam pertolongan di air, Senin (5/12/2022) (ds/HO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari meningkatkan kemampuan personel SAR dalam melakukan pencarian dan pertolongan serta evakuasi ketika terjadi kecelakaan di bawah permukaan air.

Basarnas Kendari berkomitmen meningkatkan kemampuan SAR seluruh personel, bukan hanya di air namun juga di semua medan, baik darat maupun udara.

Instruktur dari RAID Instructor Trainer, Elisnawaty, berharap, para peserta pelatihan memiliki kemampuan dalam memberikan penyelamatan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Harapannya nanti teman-teman tim SAR yang melakukan pelatihan ini bisa diving secara konservatif, mempunyai boyence yang bagus dan mereka juga bisa melakukan penyelamatan bagi diri sendiri maupun orang lain karena dalam materi ini ada salah satunya adalah materi rescue,” katanya.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin, mengatakan peningkatan kemampuan atau kompetensi SAR dilakukan dengan pelatihan berupa pemberian pengetahuan dan keterampilan selam (under water rescue).

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan serta potensi dari para rescuer sebagai tenaga pencarian dan pertolongan agar mereka semakin profesional di bidangnya,” katanya.

Dia menjelaskan hal tersebut penting dilakukan agar tim penyelamat yang ada dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan pencarian dan pertolongan serta evakuasi bagi korban di bawah permukaan air.

Arif Sofingi berharap, melalui pelatihan ini para personel SAR dapat meningkatkan potensi dan kapasitas sehingga mereka semakin profesional dalam menjalankan tugas-tugas penyelamatan di bawah air.(ds/sgn)

 

Baca Juga !
Tinggalkan komentar