Ahmad Muzani: Transparansi Parpol Penting Karena Cetak Pemimpin Bangsa

Dengarkan Versi Suara
Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani saat diwawancara seusai menghadiri acara monev yang diselenggarakan KIP di kawasan Kemayoran, Selasa (28/11/2023). (ds/ANTARA/Hendri Sukma Indrawan)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani mengatakan transparansi partai politik (parpol) sebagai lembaga publik sangat penting untuk masyarakat karena parpol adalah tempat mencetak para generasi pemimpin masa depan bangsa.

Hal ini disampaikan Muzani seusai menghadiri acara pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (monev) yang diselenggarakan Komisi Informasi Publik (KIP), di kawasan Kemayoran, Jakarta, Selasa.

“Partai Gerinda menganggap, parpol adalah lembaga politik yang segala transparansi-nya diperlukan oleh masyarakat. Karena lembaga ini adalah lembaga yang memproduksi untuk mencetak para pemimpin-pemimpin publik baik presiden, gubernur hingga anggota DPR RI,” tutur Muzani.

Oleh karena itu, Muzani mengatakan bahwa diperlukan transparansi kebijakan dan keuangan dalam parpol.

“Mulai dari kebijakannya ataupun keuangan-nya, kami merasa bahwa ini sesuatu yang penting. Kami merasa, akuntabilitas dari sebuah parpol sering kali mendapatkan umpan balik yang bermanfaat bagi partai politik itu sendiri,” ucap Muzani.

Menurut Muzani, acara ini penting untuk parpol demi kepentingan publik karena dapat menampung berbagai masukan dalam memberikan informasi publik secara daring (online) dan luring (offline).

“Panduan tentang kepentingan publik kami dapatkan di sini, karena itu kami memberi layanan terhadap kebijakan publik ada dua. Ada daring ada luring, daring kami banyak memberikan layanan secara tidak langsung, luring secara langsung,” ujar Muzani.

Acara ini tidak hanya diikuti oleh partai-partai politik, tetapi sejumlah lembaga negara seperti MPR, KPK, Bank Indonesia, PLN dan sejumlah universitas negeri.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar