Borussia Dortmund Bungkam AC Milan 3-1

Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi – Sepak bola. (ds/ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Borussia Dortmund memuncaki klasemen sementara Grup F Liga Champions setelah membungkam AC Milan dengan skor 3-1 di Stadion San Siro, Milan, Rabu dini hari WIB.

Kini Borussia Dortmund menempati peringkat pertama Grup F serta memiliki poin 10 dari lima pertandingan dan memastikan satu tiket ke babak 16 besar, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sementara itu AC Milan kini menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup F Liga Champions dengan lima poin dari lima laga dan masih memiliki peluang untuk melaju ke babak selanjutnya jika mampu mengalahkan Newcastle United pada laga selanjutnya 13 Desember mendatang.

Pada pertandingan ini kemenangan Borussia Dortmund hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Marco Reus, Jamie Bynoe-Gittens dan Karim Adeyemi, sedangkan AC Milan sempat membalas lewat Samuel Chukwueze.

Secara statistik AC Milan unggul dalam penguasaan bola dengan mencatatkan 54 persen dan melepaskan total 17 tendangan, namun Borussia Dortmund dapat tampil lebih efektif.

Milan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan mendapatkan peluang emas ketika tendangan Chukwueze mengenai tangan Nico Schlotterbeck yang berujung hadiah tendangan penalti untuk Rossonerri.

Olivier Giroud yang maju sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya dapat diselamatkan kiper Dortmund Gregor Kobel.

Tak berselang lama, giliran Dortmund yang mendapatkan peluang emas untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena pelanggaran Davide Calabria di kotak terlarang Milan.

Berbeda dengan Milan, Dortmund berhasil memanfaatkan peluang ini dengan baik setelah tendangan Reus tak dapat dijangkau kiper Mike Maignan sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 10.

Tertinggal satu gol membuat Milan bermain lebih menyerang untuk mencari gol penyeimbang, namun hal itu baru tercipta pada menit 37.

Skuad asuhan Stefano Pioli berhasil mencetak gol setelah umpan dari Calabria dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan kaki kiri Chukwueze sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua, Milan tetap memperagakan permainan menyerang, namun yang terjadi gawang dari Maignan harus kebobolan untuk kedua kalinya.

Berawal dari umpan yang diberikan Marcel Sabitzer, Bynoe-Gittens dapat melepaskan tendangan melalui kaki kanannya yang berbuah gol dan skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Dortmund pada menit 59.

Pada menit 69, Die Borussen sukses menambah keunggulan mereka menjadi 3-0 setelah tendangan dari luar kotak penalti Karim Adeyemi mengoyak jala gawang dari Milan.

Selanjutnya Milan berusahalah untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-1 untuk kemenangan tim tamu tetap bertahan.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar