1.000 Guru Menulis Dalam Workshop Wisata Literasi yang Digelar Dikbud Sultra

Dengarkan Versi Suara
Ketgam: Suasana guru-guru yang menghadiri workshop wisata literasi 1.000 guru menulis. Foto: Istimewa. (23/11/2023).

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Dikbud Prov Sultra ) sukses menggelar kegiatan workshop wisata literasi kepada 1.000 guru menulis di GOR Apriyani Rahayu, Jalan Saosao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan literasi ini dibuka langsung Kepala Dinas Dikbud Sultra, Yusmin, dihadiri ribuan guru SMA/SMK yang tersebar di 17 kabupaten/kota se Sultra.

Yusmin dalam sambutannya menyebut dirinya ingin mengembangkan literasi wisata kepada guru-guru yang ada di Sultra, dan kita harapkan kedepan literasi yang guru-guru dapatkan pada wokshop kali ini dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

 

Ketgam: Sejumlah guru yang membuat tulisan tentang literasi di Pantai Toronipa Konawe. Foto: Istimewa. (23/11/2023).

Sebelum menuis para guru mendapat pembekalan terlebih dahulu dari para pemateri yang menguasai konsep literasi itu sendiri.

Selanjutnya, mereka diberangkatkan ke Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe untuk membuka cakrawala berpikir mereka sembari merumuskan tulisan yang berkaitan dengan cara membuat literasi yang nantinya akan diminati oleh guru dan pelajar.

Selain di Pantai Toronipa, guru-guru juga berkeliling di Perpustakaan Internasional Sultra dan mencari pedoman guna membuka gagasan berpikir dalam merumuskan literasi yang dibuat.

“Tidak hanya itu, literasi yang dibuat oleh guru-guru akan dibukukan untuk kepentingan pembelajaran ke depan,”kata Yusmin.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Yusmin berharap agar kekayaan literasi yang dimiliki oleh guru-guru bisa dikembangkan. Melalui kegiatan ini juga diharapkan, silaturahmi antar guru-guru di Sultra akan terus terjalin antara satu sekolah dengan sekolah yang lainnya.(ds/ono)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar