Dr. Bahri Serahkan Bantuan Traktor dan Jonder Kepada Kelompok Tani di Mubar

Dengarkan Versi Suara
Dr. Bahri saat menyerahkan bantuan traktor dan jonder secara simbolis kepada kelompok tani yang ada di Muna Barat. (foto: Abubakar)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MUNA BARAT – Pejabat Bupati Muna Barat, Dr. Bahri, didampingi Kepala Dinas Pertanian Ir. Nestor Jono, M.Si menyerahkan tujuh unit traktor roda dua kepada sejumlah kelompok tani yang ada di Kabupaten Muna Barat yang sedang dipimpinnya, bertempat di halaman Kantor Pertanian Mubar. Kamis (07/12/2023).

Dikesempatan itu Dr. Bahri sebagai Pj Bupati Mubar dalam kata sambutannya menyampaikan, penyerahan alat dan mesin pertanian kepada tujuh kelompok tani ini merupakan yang ke dua kalinya, tujuanya untuk membantu petani menggarap ladang yang ditekuni berlandaskan UU 41 tentang bantuan sarana prasarana alat dan mesin, yang bersumber dari APBN, ,” kata Bahri.

“Sektor pertanian menjadi perhatian dalam rencana pembangunannya. Pada tahun 2024, anggaran pertanian tiga kali lebih besar dibanding tahun 2023. Anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan mesin pertanian, pembelian bibit, serta demplot padi dan bawang.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Lindo Kecamatan Wadaga, Armaya, SP, mengatakan ucapan terimakasih kepada Bupati Dr. Bahri yang telah menyerahkan Jonder kepada kelompok tani di desanya.

Saya bersama kelompok tani serta mewakili seluruh masyarakat Desa Lindo mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pj Bupati Muna Barat, atas bantuan Jonder yang telah di serahkan hari ini.
Insyaallah dengan bantun Alsintan ini masyarakat saya yang hampir 100 % bergerak di bidang pertanian tanaman Pangan dan sayur sayuran dapat mengolah lahannya dengan mudah, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi yang unggul,” kata Armaya.

‘Harapan kami semoga Pak Bupati dapat terus berkarya dan terus membangun jaringan dengan pemerintah pusat sehingga bantuan-bantuan serupa akan terus ada pada tahun-tahun mendatang, sehingga bagi desa-desa di Mubar yang belum dapat, akan mendapatkan juga bantuan ini,” ungkap Armaya.

Trakor roda dua yang diserahkan oleh Pj Bupati Muna Barat Dr Bahri untuk mendukung produktivitas petani di wilayahnya. (foto: abubakar)

 

Sementara itu ketua kelompok tani Manggopa, La Fardin pihaknya mewakil kelompok tani yang dipimpinnya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Bupati, di mana bantuan Jonder ini sudah sekitar 5 tahun kami usulkan melalui Musrenbang Desa, dan juga kami bermohon langsung ke dinas pertanian dengan membuat proposal tapi belum pernah terwujud,” kata La Fardin.

“Nanti Dr. Bahri, yang menjadi Pj Bupati baru usulan kami disahuti, dimana selama ini salah satu hambatan kami sebagai petani kurangnya alat jonder, dan kami bisa dapatkan berkat Pj Bupati, Dr. Bahri,” ungkap La Fardin.
Untuk diketahui dari tujuh kelompok tani penerima traktor roda dua :
(1) Kelompok Tani Tunas Mekar Desa Momuntu
(2) Kelompok Tani Tunas Mekar Desa Sidomakmur.
(3)Kelompok Tani Damai Sejahtera Desa Katangana.
(4) Kelompok Tani Sunda Mekar Desa Wulanga Jaya
(5) Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Parura Jaya.
(6) Kelompok Tani Sumber Rejeki Desa Abadi Jaya.
(7) Kelompok Tani Soliwuku Desa Wandoke.
Sementara satu unit jonder diterima Kelompok tani Manggopa Desa Lindo, Kecamatan Wadaga.(ds/abr/ono)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar