Yamaha Hadirkan Sistem Pengolahan Air Minum Bersih Hingga Edukasi Anak Sekolah Dasar

Dengarkan Versi Suara
Ketgam: Yamaha Learn & Play yang dilakukan untuk pertama kalinya di SDN Wanasari 1 Karawang dan SDN Cikadu, Purwakarta.(foto:ds/yamaha)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, PURWAKARTA–Upaya Yamaha dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat tidak hanya ditunjukkan melalui kehadiran produk-produk sepeda motor yang dapat mendukung kebutuhan mobilitas mereka. Namun juga melalui ketersediaan sistem pengolahan air minum bersih di berbagai pelosok daerah tertinggal di tanah air, yang berkerja sama dengan beberapa mitra kerja termasuk Keduataan Jepang di Indonesia.

 

Wujud kongkrit dari pengadaan sistem pengolahan air minum bersih itu, dibuktikan dengan penginstalasian sebanyak 14 unit mesin Yamaha Clean Water (YCW) berbagai tipe yang dilakukan oleh Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) sejak 2010 di wilayah Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, NTB dan juga Papua.

 

Tidak hanya sebatas penginstalasian unit YCW, YMNI juga berusaha membangun kesadaran masyarkat akan pentingnya kehadiran air bersih dan air minum bersih dalam kehidupan sehari-sehari. Caranya melalui aktivitas edukasi sejak dini yang dilakukan di dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang berada di area unit YCW terpasang. Sebagai bentuk realisasinya, pada 12 – 13 Desember, YMNI mengajak mitra kerja melakukan event bertajuk Yamaha Learn & Play yang dilakukan untuk pertama kalinya di SDN Wanasari 1 Karawang dan SDN Cikadu, Purwakarta.

 

“Seperti yang kita ketahui, pada 10 tahun yang lalu atau di tahun 2013, Kedutaan Jepang bekerja sama dengan Yamaha dan juga Mitra Kerja kami, telah membangun sistem pengolahan air bersih di Desa ini, dengan menggunakan teknologi Yamaha Clean Water (YCW) – 008A yang mampu memasok air minum bersih sebanyak 8 ribu liter untuk kebutuhan 400-500 rumah tangga per hari. Dan program ini terbukti memberikan dampak yang sangat positif terhadap peningkatan kualitas hidup Masyarakat desa, baik dari segi kesehatan maupun perekonomian yang menjadi lebih produktif. Berdasarkan hal itu, Yamaha bersama mitra kami pun kembali datang ke Desa Cikadu, Purwakarta, untuk memberikan edukasi sejak dini terkait Pentingnya air bersih dan air minum kepada Adik-adik semua,” ungkap Takeshita Naotaka selaku President Director PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) yang juga menjabat sebagai Vice President Director, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

 

Pada ajang Yamaha Learn & Play, edukasi terkait pentingnya air bersih dan air minum bersih kepada para siswa/siswi dilakukan secara story telling menggunakan metode unik dari Jepang bernama Kamishibai yang memanfaatkan kertas besar bergambar yang atraktif. Selain aktivitas Kamishibai, para anak-anak juga diajak untuk bermain rugby, speak bola serta badminton dengan menggunakan perlengkapan olahraga yang didonasikan oleh YMNI. Menariknya pada sesi olah raga itu, mereka dibimbing dan ditemani langsung oleh 2 mantan atlit Rugby dari Jepang.

 

Aktivitas edukasi juga semakin berwarna dengan adanya kegiatan Yamaha Riding Academy (YRA) Kids yang dibawakan oleh para instruktur. Pada sesi ini, siswa/siswi sekolah tidak hanya diberi pengetahuan tentang sepeda motor dan safety mindset di jalan umum, namun juga turut diberi pengalaman merasakan berkendara dengan unit test YRA Kids, yaitu Yamaha PW-50 yang berkapasitas mesin 50cc. Dengan adanya sesi uji kendara menggunakan motor-motor kecil ini, siswa/siswi tentunya tidak hanya merasa terhibur, tetapi juga bisa langsung mempraktikan semangat dan nilai-nilai safety riding melalui penggunaan riding gear yang baik.

 

Apresiasi yang tinggi pun diberikan oleh pihak sekolah kepada YMNI atas berlangsungnya berbagai kegiatan edukasi ini. Pasalnya, kegiatan tersebut dinilai bermanfaat dalam membangun pola hidup sehat dan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Lilis, selaku Kepala Sekolah SDN Cikadu, Purwakarta.

 

“Terima kasih kepada pihak Yamaha dan Kedutaan Jepang yang telah mengadakan aktivitas ini di sekolah kami. Anak-anak sangat terhibur dan banyak mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat, Dimana ini diharapkan bisa membangun kesadaran mereka sejak dini untuk dapat membangun pola hidup sehat dan juga menaati prinsip kesalamatan dalam berkendara di jalanan publik,” terangnya.

 

Komitmen Yamaha untuk menghadirkan solusi atas persoalan isu-isu sosial di tengah Masyarakat, seperti ketersediaan air minum bersih akan terus dilanjutkan degan menggandeng berbagai pihak terkait. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini silahkan kunjungi website resmi Yamaha Indonesia di https://www.yamaha-motor.co.id/ maupun akun Instagram resmi @yamahaindonesia

 

Sebagai tambahan informasi, PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia merupakan unit usaha dari Yamaha Group yang bergerak di bidang layanan jasa service perawatan dan perbaikan filter air Yamaha. Selain itu, YMNI juga menjadi produsen dan distributor resmi Yamaha Clean Water Supply System untuk pasar domestik maupun luar negeri (eskpor).

 

Pada tahun lalu perusahaan ini mendapatkan penghargaan bergengsi, yaitu Energy Global National Award 2022 dari Energy Globe Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang ketahanan lingkungan yang berlokasi di Austria. Penghargaan tersebut merupakan sebuah bentuk apresiasi atas solusi permasalahan lingkungan yang ditawarkan oleh YMNI dan mitra kerja, melalui program penyediaan air minum sehat di Desa Wirotaman, Kabupatan Malang, Jawa Timur, dengan menggunakan mesin Yamaha Clean Water Supply System model YCW-008A. (ds/yamaha)

 

 

Baca Juga !
Tinggalkan komentar