Antisipasi Kelonjakan Harga Sembako, Pj Bupati Mubar Sidak Pasar di Wilayahnya

Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo, melakukan sidak di salah satu pasar di wilayah yang saat ini di komandoinya tepatnya di Pasar Matakidi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat, Sultra, Kamis (21/3/2024).(foto: Laode Abubakar)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MUBAR – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), selalu antisipasi kelonjakan harga sembako menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo, melakukan sidak di salah satu pasar di wilayah yang saat ini di komandoinya tepatnya di Pasar Matakidi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat, Sultra, Kamis (21/3/2024).

Diketahui, dalam sidak tersebut ditemukan beberapa harga sembako mengalami penurunan dibandingkan saat awal Ramadan.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, mengatakan Pemda terus mengantisipasi kelonjakan harga dan permainan harga di pasar menjelang bulan Ramadan 1445 Hijriyah.

“Pemerintah Daerah Muna Barat akan selalu gelar sidak pasar untuk memastikan harga sembako di pasar-pasar hingga masuk Idul Fitri 1445 Hijriah,”kata La Ode Butolo.

Selain sidak di pasar-pasar, Pj Bupati Mubar juga melakukan operasi pasar murah di tiga wilayah besar yang sementara di pimpinnya di antaranya Wilayah Lawa Raya, Kusambi Raya, dan Tiworo Raya.

Sementara salah satu pedagang beras, Humalia, mengatakan bahwa harga beras pada pekan ini turun dibandingkan saat awal Ramadan.

“Beras yang saya jual merupakan beras biasa dengan harga Rp 800.000 perkarung 50 kilogram, Sementara untuk ukuran 25 kilogram seharga Rp 400.000. Walaupun tidak turun seperti harga semula, tetapi ini bisa dikatakan menurun dibandingkan saat awal Ramadan,” ucap Humalia.

Ditempat yang sama salah satu pedagang telur asal Barangka, Lurni mengatakan harga telur ayam ras yang awalnya dijual seharga Rp 65.000 hingga seharga Rp 68.000 per rak kini dijual seharga Rp 62.000 hingga Rp 63.000.

“Kalau untuk ukuran besar dengan harga tinggi dan ukuran kecil harga rendah diambil dari Raha dengan harga Rp 60.000 per rak,” ujarnya.

Namun, belum dapat dipastikan harga telur ayam ras untuk penjualan di pasar karena harga masih naik turun.

Sementara itu, pedagang lainnya, Wa Hudi, mengatakan bahwa harga beras yang dijual saat ini seharga 55.000 per lima kilogram. Sementara bahan pokok lainnya seperti bawang merah seharga Rp 35.000 per kilogram dan bawang putih seharga Rp 45.000 per kilogram.

Selanjutnya, harga minyak goreng merk Bimoli dijual seharga Rp 100.000 per lima liter, dua liter seharga Rp 40.000, serta minyak goreng sedaap seharga Rp 38.000 per dua liter.(ds/Laode Abubakar)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar