Rayakan Idul Adha 1445 H, WNI di Bangkok Diajak Tingkatkan Rasa Syukur

Ribuan WNI salat berjamaah Idul Adha 1445H di lapangan sepak bola Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok pada Senin(17/6/2024). (ds/ANTARA/HO-KBRI Bangkok)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok menggelar salat Idul Adha 1445H di lapangan sepak bola Kedutaan Besar pada Senin waktu setempat.

Warga negara Indonesia (WNI) di Bangkok antusias mengikuti salat Idul Adha meski beberapa jam sebelumnya di guyur hujan, menurut siaran pers KBRI Bangkok di Jakarta, Selasa.

Salat Idul Adha dipimpin Ustadz Roshideen bin Hasan Madmud dari Mesjid Ridwanul Islam, dan Asep Saepudin Muhajir yang bertugas sebagai khotib.

Melalui tema “Menggali Hikmah Ibadah Qurban”, Asep mengajak WNI di Bangkok untuk memaknai Idul Adha 1445H dengan meningkatkan kualitas syukur, salah satunya dengan meneladani sifat Nabi Ibrahim yang tetap ikhlas dan bersyukur saat diuji kepatuhannya terhadap Allah SWT ketika diminta menyembelih anaknya, Nabi Ismail.

“Seberapa berat pun cobaan yang kita hadapi, mari kita tingkatkan kualitas syukur kita sebagai umat Muslim, karena rasa syukur dapat menjaga rasa nikmat dan menarik nikmat lain”, katanya.

Lebih lanjut, khotib menggambarkan bahwa Allah SWT mengganti Nabi Ismail dengan hewan untuk disembelih karena Allah SWT tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah.

Hal ini menegaskan bahwa hal-hal yang bersifat mengancam peradaban sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam, termasuk perang dan kerusakan lingkungan.

Sebanyak 1.636 orang mengikuti salat Idul Adha di KBRI, tidak hanya WNI namun juga WNA yang merupakan kerabat WNI. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu 1.337 orang.

Usai salat berjamaah, KBRI Bangkok menyediakan makanan khas Indonesia seperti arem-arem, risol, dan kue talam, dan memfasilitasi pelaksanaan ibadah qurban di wilayah pinggiran Bangkok, Minburi.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar