Pendidikan Biologi FKIP UHO Kendari Kembangkan Pembelajaran Digital Inovatif

Foto bersama Dekan FKIP UHO dan penyelenggara kegiatan. (Humas-UHO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI – Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, mulai melakukan inovasi digital dalam pembelajarannya.

Hal itu dilakukan dengan menggelar sosialisasi dan perancangan terkait pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran digital mata kuliah pengembangan media pembelajaran Biologi, di Hotel Horison, Kamis (4/7/2024).

Dekan FKIP UHO Kendari, Dr. Damhuri dalam sambutannya menyampaikan, peningkatan mutu pembelajaran di perguruan tinggi menjadi kunci utama dalam menyesuaikan lulusan dengan kebutuhan dunia kerja di era Industri 4.0 dan Society 5.0 yang menuntut inovasi.

“Untuk itu, perlu dikembangkan strategi pembelajaran inovatif yang mempertimbangkan perkembangan zaman dan karakteristik mahasiswa,” katanya.

Damhuri menambahkan, salah satu inovasi yang ditawarkan dalam program ini adalah mengusulkan mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran pada Program Studi S1-Pendidikan Biologi FKIP UHO.

“Inovasi ini akan menggunakan format pembelajaran yang memperkuat kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dunia nyata dan meningkatkan pengalaman belajar mereka,” tambahnya.

Mata kuliah ini terbuka bagi mahasiswa FKIP UHO sendiri dan juga mahasiswa dari perguruan tinggi mitra. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini akan mendapatkan kredit yang dapat dialihkan ke perguruan tinggi asal mereka.

Sementara mitra perguruan tinggi lain yang terlibat dalam program ini adalah Universitas Muhammadiyah Buton (UMB).

Damhuri menjelaskan, pengembangan pembelajaran digital ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui hibah kompetitif.

Damhuri berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan menyelesaikan tantangan era Industri 4.0 dan Society 5.0.(ds/adf)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar