UPP Baubau Tambah Pemasangan CCTV Di Dermaga Dan Parkiran

Suasana terminal parkir kendaraan di Pelabuhan Murhum Baubau yang dapat terpantau melalui kamera CCTV, Rabu.

 

DINAMIKASULTRA.COM,BAUBAU-Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Baubau, Sulawesi Tenggara, menambah pemasangan closed circuit television (CCTV) di Pelabuhan Murhum khususnya pada area dermaga dan tempat parkir kendaraan guna lebih meningkatkan pengawasan bagi aktivitas pengunjung di pelabuhan itu.

Kepala Seksi Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban Kantor UPP Kelas I Baubau, Gusti Muchlis, di Baubau, Rabu, mengatakan CCTV di area pelabuhan juga terpasang di sejumlah titik baik di area kantor UPP, pintu keluar masuk maupun di terminal penumpang.

“CCTV ini membantu kita untuk mengungkap sesuatu yang misalnya terjadi di internal kita atau suatu tindak kriminal. Dari CCTV kita bisa mencari penyebab kejadian seperti pencurian, karena CCTV akan merekam,” katanya.

Adanya penambahan delapan unit dan perbaikan CCTV yang sudah terpasang sebelumnya, kata dia, karena kondisi kamera pengintai tersebut di beberapa titik mengalami kerusakan sehingga perlu dilakukan perawatan.

“Jadi ada perbaikan dan pasang baru. CCTV yang sudah lama tidak berfungsi dibenahi, karena CCTV ini adalah aset kantor,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Polres Baubau Iptu Najamuddin mengatakan pemasangan CCTV khususnya di area pelabuhan merupakan suatu upaya dan langkah menggunakan kemajuan teknologi dalam meningkatkan pengawasan.

“Jadi dengan dipasangnya CCTV ini suatu kemajuan dan sangat menguntungkan bagi pihak keamanan utamanya kami kepolisian. Artinya apabila terjadi sesuatu hal yang kami tidak bisa pantau secara personal, tentu CCTV itu dapat membantu karena pasti merekam,” ujarnya.

Apalagi, bila alat pengawasan berbasis perekaman video itu terhubung ke telepon genggam, kata dia, tentu akan semakin memudahkan memantau kegiatan jarak jauh utamanya aktivitas yang berpotensi akan adanya tindak pidana.

“Saya kira apa yang dilakukan Syahbandar itu sangat bagus dan tentu kami dari pihak kepolisian sangat mengapresiasi,” kata mantan Kasat Reskrim Polres Buton ini.

Sejauh ini, lanjut Kapolsek Najamuddin, kejadian tindak pidana di area pelabuhan yang terekam melalui kamera pengintai itu belum ditemukan. Hal ini juga karena cukup ketatnya pengawasan Syahbandar bersama pihaknya terhadap keluar masuk orang di pelabuhan tersebut.

“Jadi yang dapat masuk hanya orang-orang berkepentingan. Sehingga alhamdulillah untuk sementara ini belum ada, namun kalaupun ke depan sesuatu terjadi bisa kita pantau dari CCTV Syahbandar,” katanya. (ds)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar