Dinas Dalduk KB Kendari Gencar Lakukan “Mobile Kampanye Genre”

Dengarkan Versi Suara
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) Kota Kendari, gencar melakukan kegiatan mobile meningkatkan pemahaman generasi muda tentang penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) di Kendari. (ant)

 

DINAMIKASULTRA.COM,KENDARI-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) Kota Kendari, gencar melakukan kegiatan mobile meningkatkan pemahaman generasi muda tentang penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) di Kendari.

“Giat kampanye Genre ini dilakukan untuk merespon persoalan yang muncul dikalangan remaja. Kegiatan ini juga dilakukan dengan metode pendekatan langsung kepada remaja melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja-Mahasiswa (PIK-R/M) serta keluarga yang memiliki remaja atau Bina Keluarga Remaja (BKR),” kata Kadis Dalduk dan KB Kota Kendari Hasria Mahmud, di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan, dalam setiap kegiatan mereka selalu mensosialisasikan Tri zeno yakni, katakan tidak pada nikah dini, sex pra nikah dan hindari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (Napsa).

“Kegiatan kampanye yang diikuti ratusan remaja tersebut merupakan salah satu bentuk sosialisasi generasi berencana dan memiliki delapan fungsi sebagaimana fungsi keluarga,” katanya.

Hasria Mahmud terus mengingatkan para siswa tentang slogan salam generasi berencana (Genre) yang harus diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari.

“Genre ini juga juga akan berkontribusi terhadap angka kelahiran total (TFR) dan bonus demografi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesejahteraan Keluarga Dinas Dalduk Kota Kendari Erni mengatakan, kegiatan ini menyasar kelompok kegiatan di sekolah-sekolah SMP, SMA dan SMK yakni, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan duta Genre.

Para duta Genre ini lanjut Erni berbagi pengalaman yang mereka lakukan setelah menjadi duta Genre.

“Kita gandeng Duta Genre Prov Sultra perwakilan Kota Kendari tahun 2020. Mereka memperkenalkan diri dan berbagi pengalaman yang mereka dapatkan sebagai duta Genre pada teman-temannya,” katanya.

Lanjut Erny, dari 6 sekolah yang sudah dikunjungi semuanya memberikan respon positif. Pihak sekolah bahkan meminta agar kegiatan serupa kembali diselenggarakan di sekolahnya dan mereka bersedia menyiapkan siswa yang berkompeten.

Rencananya kegiatan ini akan berlangsung di 12 sekolah hingga tanggal 27 Oktober mendatang. (ds/ant)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar