Menkominfo Indonesia dan Malaysia Mendiskusikan Tata Kelola Ruang Digital

Dengarkan Versi Suara
(Ki-ka) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate bersama dengan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kominfo di Jakarta, Jumat (19/8/2022). (ds/ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

 

DINAMIKASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate bersama dengan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa mendiskusikan soal infrastruktur hingga tata kelola ruang digital bersama dalam pertemuan keduanya di Jakarta, Jumat.

“Kami berdiskusi soal hal yang berkaitan dengan hampir keseluruhan pekerjaan digital, mulai dari infrastruktur digital dari hulu ke hilir, dan tata kelola ruang digital,” kata Menkominfo Johnny dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

“Kami sama-sama memiliki pemahaman yang sama yang berkaitan dengan menjaga ruang digital, baik ruang digital Indonesia, Malaysia, dan ASEAN agar selalu bersih dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, Malaysia, dan juga ASEAN,” ujarnya menambahkan.

 

Lebih lanjut, Menteri Johnny mengatakan terdapat banyak tantangan yang harus diselesaikan bersama dengan dua negara. Mulai dari pilihan teknologi yang tepat untuk diadopsi dalam negeri, pilihan teknologi satelit, teknologi telekomunikasi, hingga teknologi yang berhubungan dengan keamanan siber untuk menjaga ruang digital agar tetap bersih.

Selain itu, Menkominfo mengatakan Indonesia dan Malaysia juga berdiskusi untuk saling memberikan dukungan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang berhubungan dengan posisi-posisi penting di lembaga internasional seperti Badan Persatuan Telekomunikasi Internasional (International Telecommunication Union/ITU).

“Karena ini berkaitan juga dengan regulasi dan hak-hak ASEAN dan masing-masing negara yang berhubungan dengan kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal, seperti slot-slot orbit, dan kebijakan lainnya sehubungan dengan perkembangan dan transformasi digital secara global dan di Indonesia, Malaysia, dan ASEAN,” kata Johnny.

Sependapat, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa menyatakan pihaknya menghargai pertemuan yang berkelanjutan di antara kedua negara di tahun ini.

“Saya sangat menghargai pertemuan kali ketiga kami kali ini. Ini menandakan hubungan erat antara Indonesia dan Malaysia, khususnya dalam bidang telekomunikasi. Bukan hanya ada kebersamaan, tapi kami juga mempunyai tujuan yang sama,” kata Menteri Annuar.

Ia juga mendukung upaya kedua negara untuk melanjutkan kerja sama mereka lebih luas lagi bersama negara-negara lain melalui forum antarbangsa seperti ITU.

“Kami sepakat untuk saling mendukung. Dengan kata lain, pertemuan ini besar sekali maknanya, dan ruang untuk bekerja sama pun besar, karena masing-masing negara menangani masalah penyediaan infrastruktur dan telekomunikasi secara keseluruhan, termasuk juga aspek cybersecurity,” kata Annuar.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar