Pemuda Asal Mubar Bangun Budaya Baca Anak Melalui Taman Baca

Dengarkan Versi Suara
Suasana di Taman Baca Pustaka Barakati. (Foto: Abubakar).

 

DINAMIKA SULTRA.COM, MUNA BARAT – Abdul Wahid, pemuda asal Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membangun budaya baca bagi anak-anak dengan cara mendirikan sebuah Taman Baca bernama Pustaka Barakati, bertempat di rumahnya sendiri yang dijadikan tempat Taman Baca, Kamis (25/8/2022).

 

Abdul Wahid sebenarnya sungkan mempublikasikan rentetan aktivitas literasi di taman baca yang ia dirikan.

 

“Saya sebenarnya sungkan untuk publikasikan aktivitas literasi di taman baca ini, akan tetapi publikasi merupakan suatu bentuk pertanggung jawaban kepada para donatur buku, bahwa benar buku-buku yang disumbangkan tepat sasaran atau dipergunakan sebaik-baiknya, itulah manfaat publikasi.” Ungkapnya.

 

“Taman Baca ini didirikan oleh 2 orang, saya bersama Syahril Ugusandi pada tanggal 10 Juli 2019, sama-sama orang Marobea. Kami berdua juga sebagai anggota di Pustaka Kabanti Kota Kendari, Taman Baca yang ada di Kota Kendari.” Katanya.

 

“Pustaka Barakati sendiri untuk saat ini sudah tergabung dalam Jaringan Pustaka Bergerak Indonesia, dan Komunitas 1001 Buku. Oleh Karena itu puluhan buku sudah beberapa kali berdatangan dari 2 jaringan komunitas tersebut.” Lanjutnya.

 

Dan selain itu dari donatur lain pun ikut menyumbang sebagai bentuk kepedulian untuk lebih berkembangnya taman baca ini. Selama ini taman baca tersebut sudah banyak menerima donasi berupa buku, totalnya mencapai ratusan sumbangan buku yang diterima.

 

Perlu diketahui, Komunitas 1001 Buku dan Pustaka Bergerak Indonesia merupakan 2 jaringan komunitas literasi yang menghimpun seluruh pegiat literasi yang tersebar d i seluruh pelosok Indonesia. Mereka rutin mengirim bantuan buku kepada anggotanya.

 

“Anak-anak yang sering datang dengan tujuan baca buku, mereka juga izin meminjam buku untuk dibawa pulang dan dibaca di rumah masing-masing. Harapan saya semoga dengan hadirnya Pustaka Barakati agar dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak untuk membaca buku, karena dengan rajin membaca buka dapat memperluas wawasan pengetahuan”. Ucap pria yang akrab disapa Wahid tersebut.

 

Sebagai daya pikat agar lebih banyak lagi yang berkunjung di Pustaka Barakati, Wahid juga terkadang memberikan hadiah seperti buah jambu kristal dan jambu madu kepada anak-anak yang rajin membaca.(ds/Abr).

Baca Juga !
Tinggalkan komentar