Wabup Sukabumi Instruksikan OPD Berinovasi Untuk Wujudkan “Smart City”

Dengarkan Versi Suara
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri.

 

DINAMIKA SULTRA.COM, SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menginstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Sukabumi untuk berinovasi demi terwujudnya Kabupaten Sukabumi, Jabar menjadi daerah smart city atau kota cerdas .

“Semua perangkat daerah munculkan inovasi-inovasi terbaiknya, terutama yang berkaitan dengan smart city serta seusai visi-misi Kabupaten Sukabumi,” katanya di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Iyos, gerakan menuju smart city perlu adanya keterlibatan seluruh pihak khususnya setiap program dan kegiatan perangkat daerah harus ada keterkaitannya dengan kota cerdas yang saat ini sedang digagas Pemkab Sukabumi.

Terdapat enam unsur yang harus terpenuhi agar Kabupaten Sukabumi bisa menyandang sebagai kota cerdas atau smart city yakni mulai dari smart governance, branding, economy, living, environment dan society. Semua itu merupakan syarat wajib untuk terciptanya Kabupaten Sukabumi sebagai smart city.

Maka dari itu, komitmen bersama ini merupakan hal yang sangat penting untuk menyatukan gerak langkah menuju Kabupaten Sukabumi sebagai kota cerdas yakni terciptanya peradaban yang smart.

Selain itu, setiap perangkat daerah harus menyamakan persepsinya untuk mewujudkan kota cerdas ini. Sehingga, kepala perangkat daerah bisa lebih memahami arti smart city. “Kita harus memiliki komitmen bersama, sebab semuanya demi mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang smart dan bahagia warganya,” tambahnya.

Iyos mengatakan smart city merupakan ujung tombak dari semua ini untuk kesejahteraan masyarakat dan bisa menopang (rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Sukabumi.(ds/antara)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar