Indonesia Kolaborasi Dengan Tony Blair Institute untuk Pemerintahan Digital

Suasana penandatanganan surat minat kerja sama (Lol) antara Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Rini Widyantini dan Managing Director TBI Asia Jalil Rasheed untuk pengembangan pemerintahan digital di London, Inggris. (ds/ANTARA/HO-Istimewa)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyepakati kolaborasi dengan Tony Blair Institute of Global Change (TBI) untuk pengembangan sektor pemerintahan digital.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan surat minat kerja sama (Lol) antara Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Rini Widyantini dan Managing Director TBI Asia Jalil Rasheed di London, Inggris, untuk mendukung potensi pemanfaatan digital dalam pemerintahan.

“Penandatanganan LoI akan membukakan jalan untuk kolaborasi yang lebih lanjut dan lebih erat, memastikan kalau tidak ada seorang pun di Indonesia yang tertinggal oleh gelombang digitalisasi di negara ini,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas dalam pernyataan di Jakarta, Senin.

 

Ia pun menantikan hasil dari kolaborasi atas pemanfaatan kemajuan digital yang kedepannya dapat meningkatkan pelayanan publik di Indonesia, mengingat teknologi harus dapat menjadi pendorong perubahan yang positif.

Saat ini, pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan publik di Indonesia, yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan salah satu negara anggota G20, telah menjadi salah satu prioritas terpenting untuk mengubah Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi pada 2045.

Kepala Bidang Teknologi di TBI Indonesia Astrid Dita menambahkan pihaknya siap untuk memperdalam kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam memanfaatkan dampak-dampak positif dari teknologi, khususnya dalam ruang pemerintahan.

“Kami berharap dapat mendampingi Pemerintah Indonesia sepanjang perjalanan transformasinya untuk membawa dampak besar yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat Indonesia,” ujar Astrid.

Penandatanganan Lol juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar dengan Ketua Eksekutif TBI Tony Blair yang juga merupakan Perdana Menteri Inggris (1997-2007) pada Maret 2023.(ds/antara)

 

Baca Juga !
Tinggalkan komentar