Tak Dapat BLT Seorang Warga Ngamuk, Begini Tanggapan Mantan Kepala Desa Liya Mawi

Wa Tini mengamuk di kantor Balai Desa Liya Mawi karena tak dapat Bantuan BLT (ds/imn)

 

DINAMIKASULTRA.COM,WAKATOBI -Wa Tini warga Desa Liya Mawi, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi mengamuk di kantor desa akibat tidak dapat Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Peristiwa itu terjadi ketika Wa Tini datang di kantor Balai Desa melakukan komplain, mengapa dirinya tak mendapat Bantuan BLT, bertepatan dengan serah terima jabatan kepala desa, ke Plt Kepala Desa Liya Mawi.

 

“Dalam protesnya Wa Tini menilai kepala Desa tidak mampu mempertahankan semua rakyatnya untuk mendapatkan uang bantuan, berarti tidak ada rasa pertanggungjawab kepada rakyatnya, saya tidak dapat bantuan, kosong semua,” ujar Watini

 

Mantan Kepala Desa Liya Mawi,  Hariono, yang baru saja menyerahkan jabatannya kepada Plt Kepala Desa yang baru, dihadapan media menjelaskan, penyebab Wa Tini tidak dapat bantuan tunai langsung BLT, karena dari 14 kriteria yang menjadi rujukan kriteria warga masyarakat yang patut mendapat bantuan, minimal harus memenuhi 9 kriteria. Wa Tini tidak masuk pada sembilan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah itu. Intinya masyarakat yang mendapatkan bantuan BLT Dana Desa ini harus orang tidak mampu.

“Mungkin Wa Tini merasa bahwa dirinya juga orang tidak mampu, namun masih banyak warga yang lain yang kehidupannya di bawah garis kemiskinan yang dirasakan Wa Tini. Sehingga mereka itu yang harus diperioritaskan. Bisa saja orang mengatakan dirinya miskin untuk mendapatkan bantuan, tapi kriteria yang menjadi rujukan tidak bisa diabaikan,” ujar Hariono.

 

Lebih tegas Hariono, menyebutkan dari hasil verifikasi lapangan yang dilakukan, Wa Tini tidak masuk kategori, untuk mendapatakan BLT Desa.

 

“Kalau dari hasil verifikasi teman-teman dilapangan setelah dilihat ibu Wa Tini teidak memenuhi syarat atau tidak masuk kategori,” Ucapnya

 

Hariono, mengaku dirinya telah dua kali bertemu ibu Wa Tini menjelaskan hal itu,namun tidak ada kesepahaman.(ds/imn/gtr)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar