Baubau Terapkan Aplikasi “Si Polima” Tingkatkan Kualitas ASN

Dengarkan Versi Suara
Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar (tengah) pada rapat penyusunan instrumen kinerja ASN daerah itu tahun 2021, di Baubau.(ant)

 

DINAMIKASULTRA.COM,BAUBAU-Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada 2021 akan menerapkan aplikasi kinerja secara elektronik “Si Polima” (Sistem Informasi Pelayanan Organisasi dan Layanan Insentif Manajemen) dalam upaya peningkatan kualitas kinerja aparatur sipil negara (ASN) daerah itu.

Sekretaris Daerah Kota Baubau Roni Muhtar, di Baubau, Rabu mengatakan dalam waktu dekat aplikasi tersebut akan diujicoba, namun sebelum itu akan diluncurkan oleh Wali Kota Baubau AS Tamrin.

“Insya Allah aplikasi e-kinerja ini akan ujicoba dalam waktu dekat. Dan tiga organisasi perangkat daerah (OPD) kami tetapkan sebagai pilot projek, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau”, ujarnya.

Lebih lanjut Roni Muhtar menambahkan, aplikasi e-kinerja tersebut, selain untuk mengontrol kehadiran juga untuk alat ukur kinerja ASN Baubau.

“Secara elektronik hasil kinerja ASN ini akan dikonversi dalam hitungan-hitungan kuantitatif, dan dari hasil kuantitatif ini kemudian dikonversi dalam nilai rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Baubau Sadarman mengungkapkan pembuatan aplikasi SI POLIMA ASN sudah mencapai 90 persen. Pengembangan aplikasi tersebut dapat mencapai 100 persen kalau username dan password telah dibagikan ke semua ASN Kota Baubau.

Di samping itu, kata dia, rencananya pada 6 November mendatang pihaknya akan melakukan simulasi pada tiga OPD tersebut.

“Rencana awalnya simulasi ini akan dilaksanakan di semua OPD, namun karena pertimbangan teknis, maka akan dilaksanakan di tiga OPD saja. Setelah simulasi ini dilaksanakan selanjutnya akan dievaluasi selama satu minggu,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada 12 November mendatang pihaknya akan melakukan pembagian username dan password pada semua OPD Kota Baubau. Kemudian, mulai 16 November 2020 pihaknya akan melakukan sosialisasi aplikasi SI POLIMA pada seluruh ASN di semua OPD Kota Baubau.

“Dalam sosialisasi ini kami akan menurunkan tim ahli, narasumber dan instruktur serta tim IT Kota Baubau. Jadi mereka ini akan sosialisasi langsung ke semua OPD di Kota Baubau,” katanya. (ds)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar