FKIP UHO Gelar Pelatihan Virtual di SMAN 10 Kendari

Dengarkan Versi Suara
Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melakukan pelatihan pengembangan laboratorium virtual berbasis microsoft Powerpoint di SMAN 10 Kendari pada Sabtu (19/11/2022).(ds/Humas-UHO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI – Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melakukan pelatihan pengembangan laboratorium virtual berbasis microsoft Powerpoint pada guru SMAN 10 Kendari pada Sabtu (19/11/2022).

 

Pelaksana Ketua Tim Pengabdian jurusan pendidikan Fisika UHO, Mardiana Napirah mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi dari salah satu poin tridharma perguruan tinggi. Yaitu pengabdian terhadap masyarakat, dalam artian apa yang bisa diberikan oleh perguruan tinggi kepada masyarakat.

 

“Seperti kegiatan ini, kitakan dari FKIP. Jadi, pengabdian kita memberikan edukasi kepada guru-guru bagaimana mengembangkan bahan ajar dengan memanfaatkan laboratorium virtual,” ucapnya.

 

Hal tersebut juga dilakukan dengan pertimbangan bahwa jika pengajaran dilakukan hanya teori maka akan susah dipahami siswa, terlebih jika siswa membutuhkan laboratorium, sementara fasilitas terbatas.

 

Mardiana Napirah berharap agar guru-guru bisa memanfaatkan apa yang diberikan melalui pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut juga melibatkan dosen yang ada di jurusan pendidikan fisika UHO sebagai pemateri serta 10 orang mahasiswanya.

 

Ia mengaku bahwa edukasi yang dilakukan pada guru-guru SMAN 10 Kendari tersebut ialah untuk memudahkan proses belajar mengajar.

 

Mardiana pun menjelaskan, bahwa lab virtual bukan berarti sebagai pengganti lab virtual, melainkan pendukung agar siswa lebih gampang memahami materi.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMAN 10 Kendari, Muhammad Ali Maja mewakili pihak sekolah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan kemitraan yang dilakukan tim pengembangan jurusan pendidikan fisika UHO tersebut.

 

Pasalnya hal tersebut sejalan dengan program sekolah untuk meningkatkan kompetensi para guru sebagai upaya agar proses pembelajaran di SMAN 10 Kendari semakin baik.

 

Ia menilai bahwa upaya yang dilakukan tersebut juga dapat mendukung target pencapaian salah satu program sekolah, yaitu menciptakan proses pembelajaran aktif dan menyenangkan di kelas.

 

“Ini menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik dan akan mendorong partisipasi siswa untuk aktif. Serta akan mendorong motivasi dan daya belajar siswa untuk semakin meningkat,” ungkapnya.

 

Pihak sekolah berharap ke depan dapat terus meningkatkan kemitraan ketika ada hal baru atau program baru yang dapat di aplikasikan dalam proses pembelajaran.

 

Kata dia, SMAN 10 Kendari selalu siap untuk memberikan ruang, waktu dan tempat untuk mengadakan kegiatan seperti yang dilakukan tim pengembangan jurusan pendidikan fisika UHO.

 

Ali Maja menilai kegiatan tersebut sangat penting karena akan menjadi hal dan pengetahuan baru bagi guru dan siswa. Namun, jika sudah pernah dilakukan maka akan memunculkan kembali motivasi yang mungkin sudah terlupakan agar bisa di aktifkan kembali.(ds/adf)

 

Baca Juga !
Tinggalkan komentar