Prodi Proteksi Tanaman FP UHO Kendari Raih Akreditasi Unggul

Penyerahan berita acara asesmen lapangan Prodi Proteksi Tanaman dari BAN-PT kepada Ketua Jurusan Proteksi Tanaman FP UHO, Asnia, S.P., M.Si (empat dari kiri). (Humas-UHO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI – Salah satu Prodi yang baru saja tercatat memiliki predikat unggul adalah Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian (FP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Prodi ini bisa menjadi rekomendasi bagi siswa (alumni SMA sederajat) saat pendaftaran Calon Mahasiswa Baru (Camaba) tahun 2024.

Ketua Jurusan Proteksi Tanaman FP UHO, Asnia, S.P., M.Si., mengatakan bahwa Prodi Proteksi Tanaman FP UHO telah meraih akreditasi unggul yang diterbitkan pada 21 Mei 2024.

“Kita melakukan pengajuan akreditasi itu di Desember 2023. Kemudian asesmen lapangan dilaksanakan pada 2 hingga 4 Mei 2024. Alhamdulillah pada tanggal 21 Mei 2024 lalu hasilnya sudah keluar dan meraih akreditasi unggul,” ujarnya.

Asnia menyebut, bahwa akreditasi sangat penting untuk mahasiswa dan alumni. Pasalnya pada saat perekrutan tenaga kerja beberapa instansi itu mempersyaratkan akreditasi.

“Hampir semua instansi itu memberikan syarat untuk mendaftar kerja itu harus ada akreditasi Prodi. Selain itu, dalam kenaikan jenjang karir pun harus menggunakan akreditasi,” beber Asnia.

Asnia menjelaskan, bahwa setelah meraih akreditasi unggul pihaknya tidak berhenti disitu saja. Tetapi Proteksi Tanaman FP UHO kini tengah mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional.

“Saat ini fokus kita yakni mengarah ke akreditasi internasional. Paling lambat 1 atau 2 tahun depan itu kita akan mengusulkan akreditasi internasional,” jelasnya.

Asnia menerangkan, bahwa raihan akreditasi tersebut diharapkan dapat menarik minat bagi calon mahasiswa baru.

“Akreditasi tersebut dapat menarik mi- nat calon mahasiswa baru untuk kemudian menjadikan Prodi sebagai pilihan utama saat pendaftaran nantinya. Prodi Proteksi Tanaman ini merupakan salah satu Prodi penting, karena kita tahu sekarang pertanian itu sektor yang sangat penting dalam kehidupan seharihari,” terangnya.

Selain itu, Prodi Proteksi Tanaman FP UHO didukung sarana dan prasarana yang sangat memadai.

“Laboratorium Proteksi Tanaman di FP UHO Alhamdulillah sudah canggih. Apalagi UHO sendiri punya laboratorium yang sangat canggih yakni Laboratorium Terpadu UHO, disana alat-alatnya sangat canggih dan mahasiswa dipersilahkan untuk menggunakannya,” Tutup Asnia. (ds/adf)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar