FEB UHO Kendari Upayakan Prodi Menuju Akreditasi Internasional

Proses visitasi dari lembaga akreditasi internasional dari Jerman yakni FIBAA, terhadap dua prodi di FEB UHO Kendari. (Humas-UHO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, terus berupaya meningkatkan kualitas akreditasi program studinya (Prodi).

Terbaru dua prodi di fakultas tersebut saat ini tengah mengupayakan akreditasinya menuju akreditasi internasional.

Hal tersebut setelah dilakukan visitasi dari lembaga akreditasi internasional dari Jerman yakni FIBAA selama tiga hari mulai 22-24 Mei 2024.

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., saat ditemui di Gedung Rektorat UHO, Senin (3/6) mengatakan, dua program studi tersebut yakni Program Studi manajemen (S1) dan Akutansi (S1).

“Jadi tim asesor dari FIBAA sudah melakukan visitasi selama 3 hari kemarin secara daring dan sekarang kita tunggu hasilnya. Biasanya paling lambat itu 5 atau 6 bulan keluar hasilnya,” kata Prof Zamrun.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHO Prof Dr. La Ode Anto menyebut, persiapan menuju akreditasi internasional tersebut telah dipersiapkan sejak dua tahun lalu.

“Sudah dua tahun prosesnya. Kemarin sudah divisitasi sekarang menunggu hasil dan melengkapi dokumen-dokumen yang masih dianggap kurang, dan mudah-mudahan bulan sembilan sudah ada jawabannya,” ungkapnya.

Prof La Ode Anto mengungkapkan, untuk mencapai akreditasi internasional tersebut ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan. Terkhusus kondisi perkuliahan harus standar internasional serta terdapat kelas internasional. Namun hal tersebut telah mereka lakukan selama ini.

“Jadi paling tidak proses perkuliahan itu mulai dari materinya kemudian bahan persentase dan penyajiannya itu dalam bentuk bahasa Inggris. Kemudian nanti juga kita membuka kelas internasional yang mana mahasiswanya misalnya bukan hanya dari universitas tetapi dari luar negeri,” ujarnya.

Menurutnya, akreditasi internasional sangat bermanfaat bagi fakultas atau universitas dan alumni. Hal tersebut dikarenakan bisa menjadi daya tarik calon mahasiswa baru serta menjadi keunggulan bagi alumni jika mencari pekerjaan nantinya.

“Bagi kami akreditasi ini bisa menjadi daya tarik calon mahasiswa baru dan menjadi keunggulan untuk alumni bagi yang mencari pekerjaan nanti bahwa akreditasinya internasional misalnya,” Pungkas Prof La Ode Anto.(ds/adf)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar