Mahasiswa Proteksi Tanaman FP UHO Kendari Raih Juara II LKTI Nasional

Mahasiswa Proteksi Tanaman FP UHO. (Humas-UHO)

 

DINAMIKA SULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa Jurusan Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian (FP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, berhasil meraih juara II dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI ) pada ajang Plant Protection Festival 2024 di Universitas Hasanuddin Makassar, beberapa waktu lalu.

Prestasi itu ditorehkan setelah bersaing dengan lima Perguruan Tinggi (PT) terbesar di Indonesia.

Ketua Jurusan Proteksi Tanaman FP UHO, Asnia, S.P., M.Si., mengatakan bahwa tiga mahasiswa yang mengikuti lomba, yaitu Yovie Nataniel, Dimas Nuralam Syah dan Andini Auliah. Ketiganya merupakan mahasiswa semester enam.

“Mahasiswa tersebut juga merupakan mahasiswa yang aktif mengikuti program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM),” ujarnya.

Asnia menuturkan, Yovie dan Dimas mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang merupakan program dari Mendikbud ristek dimana mahasiswa belajar atau kuliah satu semester di kampus lain di Indonesia.

“Mereka kuliah di Universitas Bengkulu. Pada semester 6 ini, ketiga mahasiswa ini sedang mengikuti program Mendikbudristek, yakni Yovie mengikuti program Magang Studi Independen bersertifikat (MSIB) di PT AMATI Indonesia sedangkan Andini mengikuti Magang Mandiri di Badan Karantina Hewan, Tumbuhan dan Ikan Kendari,” jelasnya.

“Sementara Dimas magang di Balai Standardisasi Instrumen Pertanian Sulawesi Tenggara. Prodi Proteksi Tanaman UHO telah melakukan implementasi Program MBKM yang telah berjalan 6 semester terakhir dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar diluar kampus 2 semester,” sambungnya.

Prestasi tersebut menunjukkan bahwa FP UHO mampu bersaing dengan perguruan tinggi ternama.

“Alhamdulillah UHO bersaing dengan kampus-kampus besar di Indonesia yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Brawijaya. Dan UHO juara II,” ungkapnya.

Jurusan Proteksi Tanaman FP UHO sangat mendukung kegiatan yang meraih prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik.

Fakultas dan jurusan selalu melakukan pembinaan kepada mahasiswa diantaranya workshop penulisan karya tulis ilmiah dengan tujuan agar mahasiswa bisa berkiprah dalam lomba-lomba nasional maupun internasional.

Fakultas dan jurusan juga mendukung dalam hal biaya pendaftaran lomba dan akomodasi mahasiswa.

“Bentuk apresiasi untuk mahasiswa yang telah meraih prestasi dalam bentuk sertifikat prestasi yang dimasukan sebagai surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) dan bisa juga dikonversi ke sks mata kuliahnya (jumlah sks disesuaikan dengan aturan yang berlaku),” Tutur Asnia.

Baca Juga !
Tinggalkan komentar